Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat dan Universitas Papua (Unipa) Manokwari menghadirkan Pojok Statistik di gedung Fakultas Ekonomi untuk memudahkan dosen dan mahasiswa mengakses data BPS.

Kepala BPS Papua Barat Maritje Pattiwaellapia pada pencanangan Pojok Statistik di Unipa Manokwari, Kamis, mengatakan BPS menargetkan di seluruh fakultas dapat menempatkan satu Pojok Statistik.

"Pojok Statistik di Unipa berada di Fakultas Ekonomi yang mobilitas mahasiswanya sangat tinggi," ujarnya.

Meskipun penempatan Pojok Statistik di Fakultas Ekonomi, kata dia, bukan berarti hanya dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi yang bisa mengaksesnya, melainkan semua sivitas akademika Unipa dan masyarakat umum.

"Semua mahasiswa dan dosen di Universitas Papua bisa datang mengakses dan belajar statistik di Pojok Statistik," katanya.

Maritje berharap Pojok Statistik bisa menjadi salah satu sarana peningkatan layanan publik yang bermanfaat dalam mengakses data dan informasi statistik secara lebih mudah, murah, dan cepat, baik data tercetak maupun data digital, sekaligus membangun literasi statistik.

"Pojok Statistik dapat dimanfaatkan untuk layanan konsultasi statistik. Fungsi Pojok Statistik akan terus ditingkatkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjung," kata dia.

Sejauh ini konsumen data yang tercatat di BPS hampir 40 persen adalah dari pihak akademisi baik mahasiswa maupun dosen yang mengakses melalui website BPS.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah memberikan apresiasi atas letak Pojok Statistik yang sangat strategis.

"Pojok Statistik di Indonesia sudah berjalan 90 persen dari seluruh provinsi yang ada," katanya.

Ia mengatakan target Pojok Statistik berada di seluruh universitas di Indonesia, karena sangat efektif tanpa perlu datang langsung ke kantor BPS sehingga mendekatkan akses.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022