Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menginstruksikan kepala daerah di 13 kabupaten dan kota agar mengaktifkan gerai vaksin untuk  mempercepat pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat bagi masyarakat.
 
Instruksi Pj Gubernur Papua Barat ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 440/3917/SJ tentang percepatan vaksinasi dosis lanjutan (booster) bagi masyarakat.
 
Merespons instruksi tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat membuka sejumlah gerai vaksinasi COVID-19 yang dipusatkan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum lainnya bekerja sama dengan TNI dan Polri.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan di Manokwari, Rabu mengatakan salah satu gerai vaksinasi COVID-19 dinas kesehatan, berada di Manokwari City Mall (MCM) untuk melayani masyarakat pengunjung mall yang belum divaksin.
 
"Secara umum, pelayanan vaksinasi COVID-19 masih dibuka baik di Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan swasta. Sementara gerai vaksinasi COVID-19 dipusatkan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum sebagai sistem jemput bola," katanya.
 
Ia juga berharap peran aktif para Kepala Dinas Kesehatan di 13 Kabupaten dan Kota mengambil langkah cepat melalui gerai vaksinasi COVID-19 terutama percepat vaksinasi dosis penguat di daerah dengan cakupan vaksinasi rendah.
 
"Tiga daerah dengan cakupan vaksinasi COVID-19 rendah saat ini menjadi atensi kami, yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak, Maybrat dan Tambrauw," kata Parorongan.
Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyediakan gerai vaksinasi COVID-19 di Manokwari City Mall percepat vaksin booster bagi masyarakat. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022