Sorong, (Antaranews Papua Barat) -Peserta kegiatan Siswa  Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Sumatera Utara yang berkunjung Distrik Saoka Kota Sorong, Provinsi Papua Barat disambut tarian adat suku Moi yang bernama Alen.

Suku Moi adalah suku asli Sorong dan tarian Alen adalah tarian adat suku Moi untuk menyambut tamu spesial yang berkunjung ke daerah tersebut.

Saat tiba di lokasi kunjungan kawasan wisata Mooi Park Saoka, Jumat, peserta kegiatan Siswa  Mengenal Nusantara disambut enam orang penari sanggar Klabra Raya dengan tarian Alen.

Dua orang perwakilan guru pendamping dan dua orang SMN Sumut dikalungkan noken oleh perwakilan Bank Mandiri Sorong Orpha Jitmau pertanda ucapan selamat datang.

Pengurus Sanggar Klabra Raya Ros Kalami tarian Alen adalah tari yang khusus untuk menyambut tamu yang pertama kali datang ke tanah moi sorong.

Saidi Antonius guru pendamping SMN Sumut sangat terkesan dengan tarian adat penyambutan oleh Sanggar Klabra Raya Sorong tersebut.

Dia mengatakan, peserta SMN Sumut merasa senang disambut dengan tarian adat Papua sebagai bentuk penghargaan.

SMN merupakan program pertukaran pelajar antar provinsi. Salah satu tujuan dari program ini adalah memperkenalkan budaya   masyarakat di seluruh daerah kepada para pelajar yang didukung oleh Bank Mandiri,  PT. Perusahaan Pengelola Aset dan PT. Kawasan Industri Medan (*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018