Manokwari,(Antara)-Pemerintah Provinsi Papua Barat siap menyambut para siswa dari Sumatera Utara yang akan bertamu dalam program Siswa Mengenal Nusantara yang dilaksanakan Kementerian BUMN tahun ini.

Kepala Bidang Pembinaan SMA dan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Papua Barat, Adolfina Oray di Manokwari, Jumat menjelaskan, Siswa Mengenal Nusantara merupakan program pusat. Seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilibatkan dalam program ini.

"Tahun lalu di Papua Barat ditangani PT Pertamina dan tahun ini Bank Mandiri. Tamu yang akan datang Papua Barat adalah siswa SMA, SMK dan SLB dari Sumatera Utara. Sebaliknya, anak-anak kita akan berkunjung ke Sumatera Utara," kata dia.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat baik bagi siswa maupun daerah yang dikunjungi. Hal ini akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya dan kekayaan alam di Papua Barat kepada para tamu.

Program ini melibatkan 30 peserta baik dari Papua Barat maupun Sumatera Utara. Mereka terdiri dari 26 siswa dan empat orang sisanya guru serta pendamping dari Dinas Pendidikan.

Di Papua Barat, lanjut Adolfina, 70 persen peserta diperuntukan bagi putra-putri asli daerah. Peserta di rekrut dari 13 kabupaten/kota.

"Dalam kegiatan ini mereka akan diperlihatkan tentang indahnya nusantara, dari budaya masyarakat setiap suku, potensi ekonomi, kekayaan alam, termasuk pariwisata unggulan di daerah masing-masing," kata dia lagi.

Ia menyebutkan, program ini akan dilaksanakan secara serentak pada 5 hingga 18 Agustus 2018. Promosi pariwisata menjadi salah satu tujuan program tersebut.

"Bukan hanya Papua Barat dan Sumatera Utara. Seluruh provinsi mendapat jatah untuk memberangkatkan dan dikunjungi. Biaya ditanggung oleh BUMN yang sudah ditunjuk," katanya menambahkan.

Ia berharap, peserta dari Papua Barat memanfaatkan program ini secara baik. Tidak seluruh siswa mendapat kesempatan untuk berkunjung mengenal dan mempelajari budaya daerah lain.(*)
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018