Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada para pekerja pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) yang telah diresmikan pada Minggu.

Hal tersebut diunggah Anies pada laman instagram resmi pada akun Anies Baswedan. Anies menyertakan 10 foto kegiatan pekerjaan pembangunan MRT.

Adapun unggahnya ditujukan kepada para Pekerja Pembangunan MRT Jakarta

Dia mengatakan sudah berkali-kali naik MRT, tapi tadi pagi berbeda. Pagi ini bersejarah karena MRT akan diresmikan. Di perjalanan menuju lokasi acara, wajah para pekerja itulah yang muncul di benaknya.

Para pekerja yang berpeluh siang malam, Anies tahu persis karena hampir setiap malam lewat sekitar tiang-tiang pancang. Di malam gulita, saat mayoritas warga telah tidur, para pekerja masih berkeringat.

"Ibu, bapak dan saudara semua, kerja keras itu, butiran keringat jernih itu yang membuat bangsa kita bisa cemerlang. MRT adalah kristal cemerlang dari keringat ibu, bapak dan saudara semua," kata Gubernur.

Dia mencontohkan bahwa Candi Borobudur itu dibangun selama lebih dari 100 tahun. "Bangsa kita memang punya stamina untuk membuat karya monumental lintas masa," katanya.

Semua kagum pada karya dari Borobudur, tapi tak pernah kenal nama-nama para pekerjanya. Memang para pekerja di balik karya besar selalu tersembunyi, tapi karyanya dirasakan dan membanggakan.

"Saya sudah meminta kepada Direksi PT. MRT bahwa kali ini harap dicatat setiap nama yang terlibat, sekecil apapun termasuk para pekerja paling operasional," kata Anies.

Dokumentasikan semua dan bangsa Indonesia akan dapat mengenal orang-orang yang bekerja keras dalam sunyi untuk mengubah wajah ibu kota.

"Hari ini mungkin Anda di rumah, menonton di televisi atau membaca beritanya. Anda tidak berada di lokasi, tak menyaksikan langsung hasil kerja keras yang anda lakukan," kata Anies.

 Dia mengatakan bahwa para pekerja ini telah mengubah wajah ibu kota. Hasil kerjanya akan memudahkan hidup jutaan orang selama puluhan tahun yang akan datang.

Semua hampir pasti tidak kenal dengan nama para pekerja tersebut, tapi semua pasti merasakan karyanya yang akan berbekas sepanjang sejarah.

"Kami yang berdiri di atas panggung saat ini, gelintiran jumlahnya, tak sebanding dengan Ibu-Bapak yang ratusan ribu jumlahnya yang bekerja tak tampak, jauh dari sorotan publik," kata Anies.

"Atas nama rakyat Jakarta, saya mengirimkan rasa terima kasih dan rasa hormat pada Ibu, Bapak dan Saudara semua. Di manapun anda berada, kami mendoakan. Semoga tiap butir keringat itu akan dicatat sebagai amal saleh dan setiap kemudahan yang dirasakan oleh pengguna MRT akan dicatat sebagai amal jariyah bagi Anda semua," kata Anies.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019