Gubernur NTB kutuk keras serangan terorisme di Selandia Baru

Gubernur NTB kutuk keras serangan terorisme di Selandia Baru

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Zulkieflimansyah. (Foto ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah mengutuk keras serangan teroris terhadap warga sipil yang tidak bersalah di masjid Al Noor Kota Christcurch, Selandia Baru pada Jumat (15/3).

"Tidak ada pembenaran untuk penggunaan kekerasan terhadap mereka yang tidak bersalah, apalagi di tempat yang damai dan tenang," ujarnya di Mataram, Minggu.

Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB juga menyampaikan keprihatinannya sekaligus belasungkawa terhadap para korban dan keluarga serta masyarakat Selandia Baru atas serangan tersebut.

"Hati kami tertuju kepada para korban dan keluarga mereka. Semoga Tuhan memberi mereka kedamaian. Kami turut berduka bersama warga Christchurch dan Selandia Baru," terang Zulkieflimansyah.

Menurut gubernur, umat manusia berada dalam bahaya kehancuran diri ketika kebencian dibiarkan menang. Karena itu, ia mengajak kepada semua pihak untuk saling menjaga sikap toleransi, saling memahami dan memaafkan.

"Kami percaya, pemerintah Selandia Baru akan memastikan keadilan ditegakkan. Tetapi kita tidak dapat melupakan bahwa kita perlu, bahkan lebih, untuk berjuang dalam toleransi, saling memahami dan memaafkan," katanya.

Sebelumnya, masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru menjadi sasaran aksi teror pada Jumat (15/3). Pelaku secara brutal menembaki jamaah shalat Jumat di masjid tersebut.

Komisioner Kepolisian Selandia Baru Mike Bush dalam konferensi pers menyebut korban tewas dalam serangan teroris di dua masjid di Kota Christchurch mencapai 49 orang. Adapun korban luka berjumlah lebih dari 20 orang, termasuk 2 WNI yang salah satunya dalam kondisi kritis.

Bush menjelaskan bahwa 41 orang tewas dalam penembakan di Masjid Al Noor, Deans Ave, kemudian tujuh orang lainnya tewas di sebuah masjid di pinggiran Linwood dan satu orang tewas saat dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Akademisi : Toleransi universal perlu dibangun halau aksi terorisme
Baca juga: Wali Kota imbau warga Banda Aceh doakan muslim Selandia Baru
Baca juga: ACT ikut fasilitasi keberangkatan keluarga Zulfirman Syah ke Selandia Baru

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019