Jakarta (ANTARAnews) - Manajemen PT Jakpro menyatakan "Light Rail Transit" (LRT) bukan moda transportasi untuk Asian Games 2018 di Jakarta dan sekitarnya.

"LRT ini bukan moda transportasi untuk Asian Games," ujar Coprorate Secretary PT. Jakpro Hani Sumarno saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Rabu.

Baca juga: LRT Jakarta terima 130 penumpang uji coba

Hani menyebutkan uji coba perdana kereta ringan atau LRT oleh awak internal PT Jakpro melewati lintasan Stasiun Velodrome-Kelapa Gading, tidak ada kaitannya dengan kesiapan LRT menjadi moda transportasi yang disiapkan untuk perhelatan olahraga Asia tersebut.

Baca juga: Jakpro: semoga LRT Jakarta tak bermasalah

Momen Asian Games, tambahnya, dimanfaatkan PT Jakpro sebagai sarana untuk bisa berkomunikasi dengan publik tentang sebuah sarana transportasi baru yakni LRT.

"Jadi kalaupun cari tanggal yang dekat-dekat dengan Asian Games, kita mau ambil semangatnya untuk Jakarta ini menjadi lebih baik. Kemudian, bagaimana kita bisa berpindah dari transportasi yang biasanya kita pakai ke transportasi yang lebih ramah lingkungan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyo Daryoto mengungkapkan terdapat berbagai syarat dan halangan yang dihadapi LRT untuk beroperasi secara publik, terutama saat Asian Games yang digelar 18 Agustus mendatang.

Baca juga: LRT harus bisa digunakan seluruh kalangan

Para kontingen dan pemangku kepentingan Asian Games dipastikan tidak dapat menggunakan sarana LRT Jakarta, karena uji operasi baru akan dilakukan 15 Agustus.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018