Mataram (ANTARA News) - Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat segera memiliki rumah sakit (RS) sementara untuk memperluas sekaligus mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat pascagempa bumi yang melanda daerah tersebut.

"Pembangunan rumah sakit sementara ini merupakan kebijakan dari pemerintah terhadap rumah sakit yang terdampak bencana alam, seperti halnya di Aceh," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, dr  Herman Mahaputra di Mataram, Selasa.

Ia menambahkan RS sementara itu direncanakan dibangun di kawasan Jalan Lingkar Selatan di atas lahan sekitar dua hektare. Pemerintah kota diminta untuk menyewa lahan sedangkan pembangunan fisik dan pengadaan alat kesehatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR.

"Jadi kita di daerah tinggal terima jadi dan menempati, dan tidak ada dana sepeserpun yang akan kita keluarkan untuk pembangunan fisik," ujarnya.

Menurutnya ke depan RS sementara ini akan menjadi RS satelit sebab rumah sakit tersebut dilengkapi dengan semua poliklinik dan pelayanan kesehatan standar sebuah rumah sakit sedangkan RSUD Mataram tetap menjadi RS induk.

"Jika tidak ada halangan, RS sementara akan mulai dibangun minggu depan dalam waktu empat minggu atau satu bulan," ujarnya.

Dia menampik alasan pemerintah membangunkan RS sementara karena kondisi konstruksi bangunan RSUD Mataram pascagempa bumi mengkhawatirkan, sebab berdasarkan hasil kajian tim teknis, kondisi bangunan RSUD Kota Mataram masih bagus meskipun ada retak sedikit di beberapa bagian.

"Tetapi Kementerian PUPR mensyaratkan sebuah RS tidak boleh ada retak-retak sehingga ini menjadi beban pemerintah untuk segera membuat RS sementara," katanya.

Menyinggung berapa lama RS sementara itu akan digunakan, dr Jack begitu Direktur RSUD Mataram ini akrab disapa mengatakan, sejauh ini pihaknya belum ada kejelasan batas RS sementara beroperasi.

"Kalau melihat jangka waktu sewa lahan, kita hanya diminta menyewa dalam waktu dua tahun," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi perkenalkan teknologi rumah sehat tahan gempa
Baca juga: Presiden Jokowi instruksikan TNI tangani wilayah gempa terisolir

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018