Bogor (ANTARA News) - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, memastikan kesiapan pengamanan untuk perhelatan akbar Asian Games 2018 di Stadion Pakansari dan arena Paralayang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

"Tadi ke Pakansari cek langsung metode pengamanan, dan sudah mendengarkan paparan (Kapolres), tinggal semacam pembagian tugas, siapa berbuat apa, dan melakukan apa," kata Agung.

Dalam perhelatan Asian Games ini, lanjut Agung, jajaran Kepolisian memiliki tugas khusus sesuai bidangnya dalam kepanitian Indonesia Asian Games Organizing Committe (INASGOC) yakni deputi empat.

Ia mengatakan, sesuai tugasnya dalam hal pengalaman dijabarkan mulai dari tingkat Mabes Polri, sampai ke Polda, Polres bahkan ke tingkat Polsek.

"Jadi setiap wilayah langsung dipertanggungjawabkan oleh Kapolres dan Dandim," ujarnya.

Menurut Agung, pengamanan Asian Games 2018 menjadi prioritas dengan standar pengamanan yang dibantu oleh jajaran TNI. Catatan penting dalam pengamanan adalah arena yang mengundang banyak massa seperti sepak bola.

Di wilayah Jawa Barat ada beberapa daerah menjadi arena Asian Games seperti sepak bola di Bekasi, dan Pakansari, Kabupaten Bogor, Paralayang di Puncak, Kabupaten Bogor, dan Sepeda Gunung di Subang.

"Laga yang banyak mengundang massa seperti sepak bola jadi prioritas kita, termasuk yang menggunakan `track` jauh seperti sepeda di Subang, jadi atensi pengamanan," tuturnya.

Dalam tinjauannya, Agung memberikan masukan agar para personel keamanan yang melaksanakan tugas selalu mengutamakan kewaspadaan, dan siaga.

Tinjauan dilakukan di tribun penonton Stadion Pakansari, ruang ganti pemain, dan dilanjutkan ke lokasi lepas landas serta pendaratan arena Paralayang, Puncak.

Sebelumnya Kapolres Bogor Kabupaten, AKBP AM Dicky menyampaikan paparan dan penjelasan teknik pengamanan di wilayah hukum Kabupaten Bogor dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Dicky menyebutkan pihaknya terus melakukan operasi kepada premanisme bukan saja menjelang Asian Games, tetapi jauh-jauh hari pada bulan Ramadhan juga sudah dilakukan operasi terkait premanisme.

"Jadi begitu ada kita langsung tindak, apalagi sampai ada korban, kita langsung bertindak, kita tidak segan-segan, termasuk dept kolektor yang merugikan masyarakat main hakim sendiri, kita langsung tindak," kata Dicky.



Baca juga: Sandiaga: warga Jakarta siap sukseskan Asian Games
Baca juga: Susy mulai pawai obor Asian Games dari India
Baca juga: Presiden : Indonesia targetkan 10 besar

 
Arsip. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M.Iriawan (tengah) didampingi Bupati Bogor Nurhayanti (kelima kiri) beserta Muspida Jabar dan Kabupaten Bogor saat meninjau Venue Asian Games Cabang Olahraga sepak bola di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2018). Dalam kunjungannya Pj Gubernur Jabar mengecek kesiapan sarana dan prasarana Venue Asian Games 2018. (ANTARA /Yulius Satria Wijaya)


(KR-LR/C004)

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018