Polres Cianjur berlakukan satu arah menuju Bogor

Polres Cianjur berlakukan satu arah menuju Bogor

Arsip. Warga berbelanja di lokasi pasar tumpah di Jalan Raya Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/6/2018). Sehari menjelang lebaran warga memenuhi pasar tumpah yang menutup setengah badan jalan sehingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat di jalan raya utama Ciawi menuju kawasan Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jawa Barat memberlakukan sistem satu arah menuju Puncak-Bogor, setelah delapan jam ribuan kendaraan terjebak macet total di kawasan Puncak-Cipanas.

Pemberlakuan satu arah menuju Bogor dilakukan menjelang malam tepatnya Senin pukul 17.55 WIB, mulai dari Jalan Raya Pacet hingga Tol Ciawi-Bogor. Antrian kendaraan hingga 20 meter akhirnya mencair, meskipun jalur dari Cianjur menuju Puncak-Cipanas masih tertutup.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah melalui Kanit Dikyasa Polres Cianjur Ipda Jaelani mengatakan, pihaknya akan membuka jalur tersebut setelah antrian kendaraan di Jalur Puncak-Cipanas mencair dengan diberlakukan sistim satu arah menuju Bogor.

"Tergantung Kondisi di atas (Puncak-Cipanas) kalau sudah mencair, kami akan buka kembali jalur menuju atas. Ini dilakukan agar tidak terjadi antrian panjang kendaraan tidak bergerak," katanya.

Pihaknya memperkirakan padatnya arus kendaraan yang melintas disepanjang jalur tersebut didominasi kendaraan wisatawan dan pemudik yang hendak kembali ke perantauanya masing-masing.

"Perkiraan kami arus balik yang menyatu dengan kendaraan wisatawan sudah terjadi Hari ini. Volume kendaraan akan meningkat hingga dua hari kedepan," katanya.

Sementara selang beberapa menit diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor, volume kendaraan di jalur tersebut langsung berkurang. Bahkan beberapa bus wisata yang keluar dari tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, dapat melaju dengan kecepatan maksimal.
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018