Bogor, Jabar (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membahas perkembangan persiapan Asian Games XVIII 2018 di Istana Kepresidenan Bogor.

"Asian Games 2018 sesuai dengan yang ditargetkan, `on the track`. Semua venue nanti Desember sebagian besar, 90 persen, akan selesai," kata Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani ditemui usai rapat terbatas Perkembangan Persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

Menurut Puan, fasilitas pertandingan yang tengah dibangun akan digunakan untuk uji pertandingan yaitu bulu tangkis pada Januari 2018 dan sembilan cabang olahraga lain pada Februari 2018.

Menko menilai seluruh hal yang berkaitan dengan kesuksesan acara Asian Games 2018 seperti sukses sarana-prasarana, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi sudah dipersiapkan.

"Kemudian juga tadi KONI menyampaikan akan dilakukan `try out` kepada atlet-atlet yang memang ditargetkan bisa meraih medali emas. Insya Allah akan dilakukan pada Desember minggu ke dua sampai Januari," jelas Puan.

Uji kemampuan para atlet juga beberapa akan dilakukan di luar negeri.

"Tadi juga sudah disampaikan, jangan sampai terulang hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan para atlet. Juga semua peralatan yang dibutuhkan atlet, kita komit semuanya itu bisa selesai pada Januari," tambah Puan.

Beberapa pejabat pemerintah yang hadir dalam rapat tersebut antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Kepala Staf Presiden Teten Masduki juga menghadiri rapat tersebut.

Sejumlah gubernur daerah yang terlibat dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin juga turut dalam rapat bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

(T.B019/C004)

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017