Pontianak (ANTARA News) - Anggota DPR RI, Michael Jeno menyerahkan bantuan berupa pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada tiga pedagang Singkawang, di Pasar Ikan Alianyang, Selasa.

Ketiga pedagang yang dimaksud adalah Ismawana, Effendi, dan Adi Chaiyanto.

"Disamping menyerahkan bantuan berupa pinjaman ini, kedatangan saya di Singkawang juga menginformasikan kepada masyarakat khususnya pedagang, bahwa pemerintah pusat punya program KUR untuk masyarakat," kata Michael di hadapan pedagang ikan.

Menurutnya, program bantuan ini merupakan salah satu Nawacitanya Bapak Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang ke-6, yaitu pemerintah ingin memberdayakan usaha kecil dan menengah melalui pembinaan dan bantuan modal.

"Sehingga program yang dilakukan pemerintah pusat adalah pemberian KUR kepada masyarakat. Yang bunganya di subsidi oleh pemerintah pusat dari APBN," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, terang Michael, bahwa APBN pusat di tahun 2016, adalah sebesar kurang lebih sekitar Rp2000 Triliun. Dari angka ini, maka pemerintah pusat telah mengambil sebesar Rp100 Triliun untuk mengsubsidi bunga bank yang ditunjuk sebesar 9 persen.

"Sehingga, masyarakat yang melakukan pinjaman cukup membayar 9 persen dan sisanya dibayar oleh pemerintah melalui bank-bank yang sudah di tunjuk," tuturnya.

Dalam artian, jelasnya, pedagang yang mendapatkan pinjaman, sebagian bunganya di subsidi oleh pemerintah pusat.

Dengan adanya bantuan berupa pinjaman KUR ini, Michael berharap, perekonomian Indonesia semakin baik sehingga di 2017 ada penambahan subsidi lagi, sehingga pemerintah pusat bisa memberikan bantuan lebih banyak lagi kepada pedagang-pedagang kecil dan menengah.

Menurutnya, bantuan KUR sangat perlu, karena negara membutuhkan pedagang-pedagang dan wirausaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Dalam kesempatan itu, Michael juga berpesan kepada pedagang yang belum memanfaatkan KUR segera di manfaatkan. "Karena pemerintah pusat sudah mengalokasikan bunganya. Sehingga bisa menggerakkan perekonomin usaha rakyat," pesannya.

Salah satu pedagang yang mendapat batuan KUR, Ismawana merasa senang karena telah mendapat bantuan KUR sebesar Rp10 juta. "Saya berharap pinjaman ini tidak hanya sampai di sini saja, tetapi bisa berkelanjutan," kata Ismawana.

Dia mengakui, proses untuk mengajukan pinjaman tidaklah repot. "Dalam satu hari sudah selesai," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016