Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Gowes Go Green Bangka 2022, dalam memeriahkan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, animo masyarakat mengikuti sepeda gembira (fun bike) cukup tinggi," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin saat membuka Gowes Go Green Bangka 2022 di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Gowes Go Green Bangka 2022 peringatan HUT ke-77 RI ini diikuti 844 orang peserta, guna memotivasi masyarakat akan pentingnya berolahraga, sekaligus mempromosikan pariwisata di negeri serumpun sebalai ini.

"Animo peserta cukup banyak untuk mengikuti ajang ini, karena rute gowes menarik dengan mengeksplorasi keindahan alam dan wisata," ujarnya.

Baca juga: Warga Malaysia dan Singapura ikut meriahkan lomba sampan layar

Baca juga: Pameran arsip dan mobil kepresidenan sambut HUT RI resmi dibuka


Menurut dia, kegiatan Gowes Go Green Bangka 2022 selain sebagai ajang promosi pariwisata juga sebagai sarana silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar-instansi pemerintah, forkopimda, dan rider sepeda, sekaligus mengedukasi masyarakat agar peduli dengan penghijauan.

"Dalam giat Gowes Go Green Bangka 2022 ini yang terbagi dalam dua kategori kelas, yakni fun fondo (25 kilo meter) dan grand fondo (100 kilo meter) dan juga diadakan penanaman bibit cemara laut di Pantai Pasir Padi," katanya.

Ridwan Djamaluddin juga menjabat sebagai Dirjen Minerba Kementerian ESDM mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang mendukung untuk menyukseskan Gowes Go Green Bangka 2022.

"Kami berharap ajang seperti ini dapat terus diadakan, karena efek positif utamanya dapat mempromosikan wisata Babel dan juga meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," katanya.*

Baca juga: ID FOOD maknai HUT RI untuk perjuangkan kemerdekaan pangan

Baca juga: Jakarta sepekan, dari kuliner hingga kirab bendera

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022