Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, diharapkan segera mempersiapkan pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) untuk kelompok terbang (kloter) pertama, setelah dilantik oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel Andi Aslam Patonangi.

Direktur Pembinaan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab yang hadir pada pelantikan itu di Makassar, Jumat, menyampaikan kepada seluruh PPIH yang baru saja dilantik agar memaksimalkan tugas, sehingga calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadahnya dengan aman dan nyaman.

"Saya meminta kepada semua PPIH untuk bekerja keras. Sudah dua tahun terakhir kita tidak berangkat haji. Alhamdulillah tahun ini Kerajaan Arab Saudi membuka kembali untuk dapat dilaksanakannya ibadah haji bagi negara luar," ujarnya.

Baca juga: Menag: Fasilitas layanan jamaah haji sesuai standar

Pelantikan PPIH Embarkasi Makassar berdasarkan Surat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Nomor: B. 10043/Dj/Dt.II.II.4/Hj.05/05/2022 Tertanggal 10 Mei 2022 yang diketuai oleh Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni.

Saiful Mujab juga meminta kepada PPIH Embarkasi Makassar, khususnya Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel untuk selalu menyosialisasikan kepada calon jamaah haji dan masyarakat terkait adanya perubahan aturan dan teknis terkait pelaksanaan ibadah haji.

Adanya perubahan tersebut, menurut dia, adalah mengikuti regulasi dan aturan yang diberlakukan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi.

"Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya saat sebelum adanya COVID-19. Oleh karena itu, saya meminta untuk aktif menyosialisasikan kepada masyarakat dan tanggap dengan adanya perubahan yang diberlakukan oleh Kerajaan Arab Saudi," katanya.

Baca juga: Menag ingatkan petugas haji jangan kecewakan tamu Allah

Dia berharap PPIH Embarkasi Makassar bekerja dengan baik karena tugas tersebut adalah tugas nasional.

“Bekerjalah dengan maksimal karena ini merupakan tugas negara. Pelayanan di embarkasi harus maksimal sehingga kesan baik dapat terwujud. Pelayanan di embarkasi merupakan cerminan kualitas pelayanan haji di Tanah Air. Sulawesi Selatan dikenal dengan pelayanan terbaiknya, semoga predikat tersebut juga dapat diraih pada penyelenggaraan haji tahun ini," ucapnya.

Sementara itu, Assisten I Pemprov Sulsel Aslam Patonangi usai melantik PPIH Embarkasi Makassar Tahun 2022 meminta seluruh pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan haji di Embarkasi Makassar memastikan ada peningkatan dari segi kualitas layanan, utamanya dari sisi kesehatan dan ibadah.

Baca juga: Menag minta kawal kualitas layanan jamaah haji

Pelantikan PPIH Embarkasi Makassar juga dirangkai dengan pelaksanaan tes makanan yang nantinya akan disajikan kepada calon jamaah haji baik di Asrama Haji Sudiang Makassar maupun saat penerbangan yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022