Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Yuniwa meminta para orang tua memastikan anak mereka mendapatkan imunisasi lengkap, agar anak terlindungi dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

"Saya sendiri selaku orang tua sudah memastikan putri saya mendapat imunisasi lengkap, saat pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat kabupaten," ucapnya di Kuala Kurun, Jumat.

Dia menjelaskan, putrinya mengikuti imunisasi pada pencanangan BIAN Kabupaten Gunung Mas yang dipusatkan di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun pada Kamis (19/5) lalu, melalui pos pelayanan di sekolah.

Baca juga: Menkes minta orang tua pastikan anak dapat imunisasi lengkap

Saat itu, kata dia, putrinya yang berusia 11 tahun mengikuti imunisasi tambahan yakni imunisasi campak. Dengan demikian, putrinya telah mengikuti imunisasi lengkap.

Sebagai orang tua, wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini merasa lebih tenang setelah putrinya mengikuti imunisasi tambahan sehingga sudah lengkap.

Yuniwa mengatakan, sejauh ini putrinya dalam kondisi sehat. Oleh sebab itu, dia meminta kepada para orang tua untuk tidak ragu membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapat imunisasi.

Baca juga: Pakar imbau orang tua lengkapi imunisasi anak untuk hindari PD3I

“Kita sebagai orang tua harus memastikan anak mendapat imunisasi lengkap. Jadi jangan ragu membawa anak-anak kita untuk mengikuti imunisasi di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” kata dia.

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menargetkan 27.741 anak berusia sembilan bulan hingga 12 tahun yang ada di kabupaten setempat mendapatkan imunisasi pada saat pelaksanaan BIAN.

Dia berharap kegiatan pencanangan BIAN dapat memberikan semangat bagi orang tua yang mempunyai anak umur sembilan bulan sampai 12 tahun, agar dapat berpartisipasi dengan aktif mendampingi anak-anak mengikuti BIAN.

Baca juga: Orang tua diminta kejar imunisasi anak yang tertinggal

"Dengan demikian, target tersebut dapat tercapai 100 persen. Kami akan memantau langsung di beberapa desa dan kelurahan, guna memastikan pelaksanaan BIAN berjalan dengan baik, aman, dan lancar," katanya.

Pewarta: Kasriadi/Chandra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022