Lebak (ANTARA) -
Seratusan rumah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten terendam banjir akibat curah hujan tinggi disertai angin kencang yang berlangsung selama tiga jam.
 
"Kami belum menerima laporan korban jiwa, namun sekitar 150 rumah terendam banjir," kata Kepala Desa Sukamanah Rangkasbitung Kabupaten Lebak Aang Nuh di Lebak, Rabu.
 
Banjir yang menerjang di wilayahnya itu akibat debit Sungai Cikamuy meningkat, setelah turunnya hujan lebat disertai angin kencang.
   
Luapan air sungai itu hingga merendam seratusan rumah dan puluhan kepala keluarga ( KK) mengungsi ke tempat yang lebih aman.
 
"Kami minta warga waspada curah hujan pada dini hari meningkat dan berpeluang menimbul debit air kembali meluap, " katanya menjelaskan.
 
Nurhamah, warga Sukamanah Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku bahwa dirinya bersama anggota keluarga terpaksa mengungsi di tempat rumah kerabat yang selamat dari banjir.
 
Sebab, banjir yang menimpa permukiman setinggi 120csentimeter dan malam ini belum surut.
 
"Kami lebih baik mengungsi karena curah hujan berpeluang sampai dini hari, " katanya menjelaskan.
   
Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan pihaknya hingga kini belum melakukan pendataan karena petugas di lapangan tengah melakukan evakuasi di lokasi banjir.

Saat ini, kata dia, banjir di Kabupaten Lebak banyak genangan- genangan di permukiman warga yang sebelumnya belum pernah terjadi banjir, namun kini terendam banjir.
 
Hujan lebat selama tiga jam itu mengakibatkan beberapa pemukiman warga di Rangkasbitung dan Cibadak terendam banjir setinggi 129 centimeter.
 
"Kami kini memfokuskan menyalurkan bantuan bahan pokok ke lokasi yang dilanda banjir, " katanya.

Baca juga: Tujuh RT di Penajam Paser Utara Kaltim terendam banjir
Baca juga: TNI bantu evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Banjar Kalsel
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022