Makassar (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pemenuhan target vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah menembus di atas 70 persen yang bertujuan menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dari serangan virus.

"Oleh karena itu, saya ucapkan selamat kepada seluruh stakeholder terkait, Forkopimda Sulsel yang telah bekerja keras, bersatu, bersinergi sehingga target 70 persen bisa tercapai," ujar Sigit saat meninjau Gebyar Vaksinasi di gedung Celebes Convention Center (CCC) Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Jumat.

Pihaknya pun memberikan apresiasi atas upaya Pemerintah Provinsi dan tim satgas TNI Polri yang melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi dengan menyiapkan berbagai hadiah termasuk satu unit mobil agar masyarakat belum divaksin mau divaksin.

Baca juga: Kapolri imbau masyarakat rayakan Tahun Baru 2021 di rumah

"Kita lihat antusias masyarakat ingin mendapatkan apresiasi doorprice yang diberikan. Dan ini tentunya kita harapkan semakin meningkatkan semangat masyarakat yang belum vaksin untuk kemudian berbondong-bondong (mau divaksin)," kata Jendral Sigit.

Pimpinan tertinggi Polri itu menuturkan, dengan capaian vaksinasi di Sulsel, rencananya peninjauan akan disambung ke 34 provinsi di Indonesia, untuk mengecek mana saja provinsi yang pencapaian vaksinasinya belum sampai 70 persen.

"Kita harapkan semua bisa melakukan akselerasi, melakukan langkah-langkah, strategi-strategi agar kita bisa mengejar target yang diberikan pemerintah," harap mantan Kabareskrim Mabes Polri itu.

Sigit pun mengimbau dan selalu mengingatkan agar masyarakat patuh dan taat aturan Protokol Kesehatan (Protkes) saat beraktivitas, agar sejalan dengan pemulihan ekonomi yang saat ini sedang berlangsung.

"Jadi kalau ingin perkembangan ekonomi kita baik, masyarakat bisa beraktivitas dengan baik, tentunya hal-hal yang sudah diatur tolong dipatuhi," imbaunya

 
Suasana Vaksinasi COVID-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (31/12/2021). ANTARA/Darwin Fatir.




"Yang diatur dalam Inmendagri (Instruksi Mendagri) tolong dipatuhi, protokol kesehatan tetap dikuatkan, dan yang belum vaksin segera vaksin karena ini untuk kepentingan kita bersama," paparnya kembali menekankan.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel mengumumkan pada Kamis, 30 Desember 2021, tepat pukul 07.10 WITA, Provinsi Sulsel telah berhasil mencapai target vaksinasi 70 persen sesuai target yang diberikan yaitu paling lambat akhir tahun 2021.

“Alhamdulillah capaian vaksinasi 70 persen sesuai instruksi Bapak Presiden tercapai. Ini semua sebagai bentuk dukungan dan kerja keras bersama dalam ikhtiar kita pada masyarakat menuju 'herd immunity',” ungkap Pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman.

Capaian vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok ini, sebutnya, berkat kerja keras semua pihak, baik itu tenaga kesehatan dan TNI-Polri.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021