Jakarta (ANTARA) - Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengembangan Karakter Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya, Antonius Puspo Kuntjoro mengatakan kepekaan mahasiswa akan isu-isu sosial dapat ditanamkan melalui kegiatan seni budaya.

"Mahasiswa harus memiliki kepekaan terhadap beberapa isu sosial, yang bisa ditanamkan melalui kegiatan seni dan budaya, " ujar Puspo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan kegiatan seni budaya juga dapat memupuk keberagaman dan nilai toleransi oleh mahasiswa.

Baca juga: Universitas Prasetiya Mulya hadirkan Indonesia China Tech Ignition

Baca juga: Prasetiya Mulya paling siap hadapi MEA


Tujuan pendidikan, terang dia, bukan hanya menghasilkan generasi muda yang cerdas, berpengetahuan, dan terampil  tetapi juga berkarakter baik dan berbudi luhur.

Oleh karena itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Ragam 2021 sebagai upaya memupuk rasa toleransi mahasiswa. Rangkaian kegiatan itu dimulai dengan lokakarya Menulis Pidato selama dua hari, pada 6 dan7 November 2021. Kegiatan berikutnya ialah Lokakarya Menulis Cerpen pada Kamis, 11 November 2021.

"Ragam merupakan agenda pertama di Universitas Prasetiya Mulya yang mengajak seluruh
sivitas akademika kampus ini tidak hanya mahasiswa, anggota fakultas dan staf, tetapi juga
alumni, sehingga diharapkan gaungnya bisa memberikan dampak yang baik, " harap dia.

Baca juga: Mahasiswa Prasetiya Mulya rintis "town house"

Rangkaian lokakarya terakhir adalah Lokakarya Menulis Puisi yang bekerja sama dengan Wahana Kreator Nusantara. Puncak acara Ragam diadakan pada 14 Desember 2021 yang mengangkat tema Relevansi dan Pentingnya Sastra Bagi Kaum Muda di Era Digital.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021