Pimpinan DPRD Surabaya semangati relawan peduli bencana di Lumajang

Pimpinan DPRD Surabaya semangati relawan peduli bencana di Lumajang

Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyemangati para relawan yang bertugas di Posko Peduli Bencana Semeru milik Pemkot Surabaya di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim, Kamis (9/12/2021). ANTARA/HO-DPRD Surabaya.

Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyemangati para relawan yang bertugas di Posko Peduli Bencana Semeru milik Pemkot Surabaya di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim, Kamis.

"Saya ucapkan terima kasih kepada relawan di posko ini, terus semangat membantu sesama dan jaga kesehatan," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti kepada ANTARA di Surabaya.

Menurut dia, para relawan Pemkot Surabaya yang berjumlah 60 personel siap siaga guna membantu berbagai tugas kebencanaan di antaranya bersama tim gabungan untuk mengevakuasi korban.

Reni menyebutkan, bahwa para relawan tersebut diperbantukan untuk mengelola dapur umum, menyalurkan bantuan, serta evakuasi dan pencarian korban bencana. Berbagai bantuan logistik dan keperluan untuk anak sudah disalurkan.

Baca juga: Karanganyar kirim bantuan logistik dan relawan ke bencana Semeru
Baca juga: Warga Ngantang bantu pencarian harta benda korban letusan Semeru

Ia berharap bantuan utamanya untuk anak dan perempuan bisa ditambahkan agar makin banyak yang terbantu.

"Di samping mengevakuasi korban, para relawan di sana pun bertugas menyalurkan bantuan ke warga terdampak di pengungsian," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memastikan terkait kebutuhan para relawan mengenai kebutuhan mereka dalam melakukan kegiatannya selama di wilayah bencana.

"Untuk bahan dapur umum mereka butuh tambahan sayur mayur serta support alat pelindung diri (sepatu boots, kacamata pelindung, dan sarung tangan) utamanya bagi para relawan yang turun di lapangan," katanya.

Baca juga: AP II kirim tim relawan bantu korban erupsi Gunung Semeru
Baca juga: Pemkab Madiun kirim relawan, bantu penanganan korban letusan Semeru

Politikus PKS ini juga berbaur dengan para petugas posko. Reni turut bersama para juru masak yang tengah menyiapkan keperluan dapur umum untuk menyiapkan hidangan makanan bagi relawan dan warga terdampak.

Koordinator Lapangan Posko Peduli Bencana Semeru Ongki mengatakan, kedatangan Wakil Ketua DPRD Surabaya ini memberikan semangat bagi relawan Posko Peduli Bencana Semeru.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada bu Reni yang sudah datang ke lokasi posko dan kehadiran beliau juga menjadi penyemangat bagi rekan-rekan relawan sekalian," kata Ongki. 

Baca juga: 43 korban meninggal dunia di hari kelima bencana Gunung Semeru
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021