Peraih Adhi Makayasa 1991 dipercaya sebagai Asisten SDM Kapolri.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat intelijen dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menunjuk Irjen Pol. Wahyu Widada sebagai Asisten SDM Kapolri.

Ngasiman Djoyonegoro dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo baru saja melakukan mutasi dan promosi ratusan perwira tinggi dan menengah melalui surat telegram pada tanggal 26 Juli 2021.

Dalam telegram itu, Kapolda Aceh Irjen Pol. Wahyu Widada diangkat sebagai Asisten SDM Polri menggantikan Irjen Pol. Sutrisno Yudi Hermawan yang memasuki masa pensiun.

Menurut Simon, panggilan akrab Ngasiman, keputusan Kapolri sangat tepat karena Wahyu Widada sudah sangat berpengalaman di bidang SDM Polri.

"Melihat track record beliau di internal Polri, saya yakin Irjen Wahyu Widada akan mampu membawa personel Polri lebih baik. Selain meraih Adhi Makayasa 1991, beliau juga menjadi Ketua Lanskap jargon Kapolri, yaitu Polri yang Presisi," kata Simon.

Irjen Pol. Wahyu Widada merupakan perwira tinggi Polri kelahiran Yogyakarta dan merupakan lulusan terbaik Akpol 1991.

Menurut dia, setelah penunjukan Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri, waktu itu Kapolda Aceh Irjen Pol. Jenderal Wahyu Widada memimpin rombongan menyerahkan makalah fit and proper test calon Kapolri yang berjudul "Transformasi Menuju Polri yang Presisi" ke Komisi III DPR RI.

Presisi merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Dengan pengangkatan Irjen Wahyu sebagai Asisten SDM Kapolri, Simon berharap penerimaan, pembinaan, dan penempatan posisi anggota Polri makin baik. Dengan demikian, visi dan misi Kapolri tentang Polri yang Presisi bisa terwujud dan Polri makin dekat dan dicintai masyarakat.

"Kapolri sangat ingin agar institusi Polri ini melayani dan dicintai masyarakat sehingga perekrutan, pembinaan, dan penempatan anggota Polri dengan baik maka cita-cita itu bisa tercapai. The right man on the right place, itu harapan saya," ujarnya.

Baca juga: Sahroni: Mutasi di Polri adalah langkah positif

Baca juga: Bakornas Leppami PB HMI dukung Gerakan Vaksinasi Presisi Polri

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021