mungkin minggu depan sudah bisa diterapkan seperti di Kupang, Ambon, Biak termasuk Sentani Papua
Makassar (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) I segera menerapkan tes  COVID-19 menggunakan GeNose C19 di bandara wilayah kerjanya di kawasan timur Indonesia (KTI) mulai pekan terakhir April 2021.

Humas PT Angkasa Pura (AP) I Iwan Risdianto di Makassar, Senin, mengatakan penerapan GeNose C19 di bandara memang dilakukan secara bertahap berdasarkan petunjuk dari Satgas COVID-19.

"Untuk KTI, khusus AP I, mungkin minggu depan sudah bisa diterapkan seperti di Kupang, Ambon, Biak termasuk Sentani Papua," katanya.

Baca juga: Bandara RHF Tanjungpinang buka layanan tes GeNose COVID-19

Ia menjelaskan penerapan GeNose C19 tahap pertama diberlakukan di Surabaya dan Yogyakarta. Selanjutnya tahap kedua yakni Makassar dan Bali.

Adapun tahap berikutnya direncanakan untuk sejumlah bandara yang berada di wilayah timur Indonesia.

"Jadi memang dilakukan secara bertahap. Untuk penerapan GeNose C19 ini tentu tergantung bandara. Jadi tetap harus ada pemeriksaan PCR dan tea usap antigen," jelasnya.

Baca juga: Penumpang Bandara Hasanuddin antusias sambut penerapan GeNose C19

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi mengatakan siap melayani penumpang setiap hari mulai pukul 06.00-11.00 Wita dengan biaya Rp40 ribu sesuai penetapan pemerintah.

Terdapat 10 alat tes GeNose C19 yang disiapkan, di mana alat tersebut dapat melakukan sebanyak 10-12 pemeriksaan kantung udara yang berisi hembusan napas.

Baca juga: Pelindo III mulai sediakan layanan pemeriksaan Ge-Nose C19

Dengan jumlah alat yang tersedia, maka diperkirakan dapat melayani sekitar 1.700 pemeriksaan.

Untuk mempermudah pendaftaran, penumpang dapat mendaftar pada link www.rapid.supports.com atau unduh aplikasi farmalab pada google playstore untuk android.

Baca juga: Menparekraf tinjau layanan GeNose C19 di Bandara Ngurah Rai

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021