AsiaNet 85993

Hangzhou, China, 8 Oktober 2020 (Antara/Xinhua-AsiaNet)-

China International Cartoon & Animation Festival (CICAF) ke-16 diadakan di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China tenggara dari tanggal 29 September hingga 4 Oktober. Sebanyak 2.680 perusahaan dan lembaga China dan asing dari 65 negara dan wilayah di seluruh dunia berpartisipasi dalam aktivitas online dan offline festival animasi tersebut, dengan 10,12 juta orang bergabung dalam festival onlinenya. Hampir 1.000 karya animasi asli berusaha memenangkan kompetisi Penghargaan "Golden Monkey King". Pada saat yang sama, kompetisi tersebut juga memperkenalkan sesi pertandingan pembuatan modal ventura untuk mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara animasi, kartun, game, penerbitan dan produk turunannya, sehingga dapat menciptakan ekosistem industri melalui kompetisi, menurut China International Cartoon & Animation Executive Committee Office.

Dari kurang dari 10 perusahaan animasi pada tahun 2004 menjadi lebih dari 300 pada tahun 2019, komunitas kartun dan animasi Hangzhou telah berkembang pesat dalam kurun waktu singkat lebih dari 10 tahun. Sementara itu, industri animasi Hangzhou telah membentuk rantai industri yang lengkap, mulai dari produksi konten orisinal hingga produksi animasi dan pengembangan turunannya. Banyak anak muda telah melihat mimpi animasi mereka menjadi kenyataan di sini. Hangzhou tidak diragukan lagi telah menjadi tempat yang ideal untuk mewujudkan impian bagi industri animasi China.

Mulailah karir animasi di Hangzhou

Lei Tao adalah salah satu contoh terbaik untuk mewujudkan impian animasi seseorang di Hangzhou. Pada tahun 2010, Lei, yang mempelajari animasi di perguruan tinggi, mendirikan Thunder Animation di pusat animasi.

Untuk menghasilkan karya animasi asli China yang paling sempurna dan paling sesuai untuk anak-anak prasekolah, Lei dan timnya mengundang animator Pixar Anthony Wang, yang telah berpartisipasi dalam Toy Story dan Finding Nemo, dan pakar industri internasional seperti penulis skenario BBC Andrew Emerson dan Rachel Murrell untuk pembuatan grup di China atau panduan online jarak jauh. Ia juga berkonsultasi dengan profesor kolorimetri di Universitas California, Santa Barbara, dan merancang satu set kombinasi nilai warna untuk serial kartun mereka, Rainbow Chicks, yang paling tidak berbahaya bagi mata anak-anak.

"Usaha yang ekstrim terhadap detail dan kontrol yang ketat adalah karakteristik setiap pemburu mimpi di sektor animasi Hangzhou," kata Lei. "Saya pikir ini harus menjadi salah satu fitur industri animasi yang bisa dibanggakan di Hangzhou."

Shen Hao, pendiri Fanfan Inc, adalah anak muda lain yang membangun karir animasinya di Hangzhou. "Ekologi industri animasi Hangzhou tangguh dan tahan lama. Di sinilah saya memulai bisnis saya."

Industri animasi China telah memasuki masa perkembangan yang pesat, namun konten aslinya kurang menarik dari segi cerita dan desain manusia, menurutnya.

Selain berpartisipasi aktif dan menyelenggarakan kompetisi "Nova Cup" yang diselenggarakan oleh CICAF selama lebih dari sepuluh tahun untuk menemukan dan mengembangkan bakat kreasi kartun lokal di China, Fanpan Inc juga memperkenalkan mekanisme pengeditan dan integrasi kreasi dalam industri animasi Jepang, yang menentukan karya respon pasar yang kontennya fokus oleh pembaca, menurut Shen.

Nikmati animasi gaya China di Hangzhou

Mulai tahun 2014, Hangzhou telah mengeluarkan kebijakan yang relevan untuk mendorong integrasi lintas industri dan menciptakan bentuk ekonomi yang mencakup seluruh rantai industri. Cosplay merupakan bagian penting dari turunan dalam industri animasi. Setiap tahun, CICAF akan mengadakan kompetisi upacara super China Cosplay, sebuah pesta besar bagi para pecinta animasi dan pemain cosplay di dalam dan luar negeri untuk menunjukkan kepribadian mereka dan menikmati karnaval animasi.

Pemain cosplay senior "Chicago Typewriter" dan "The Greater China" menghadiri acara tersebut lagi di Hangzhou tahun ini. Mereka mengatakan bahwa di China, tidak ada kota yang dapat menciptakan atmosfer budaya animasi yang begitu kuat selain Hangzhou, dan penduduk setempat memiliki toleransi yang tinggi terhadap budaya dimensional.

Setiap tahun selama festival, bandara Hangzhou, stasiun kereta api berkecepatan tinggi, stasiun kereta bawah tanah, dan kedua sisi jalan menampilkan tanda-tanda acara, menciptakan suasana festival animasi yang luar biasa. Dapat dikatakan bahwa antusiasme animasi Hangzhou mengalir dalam darah kota tersebut.

"Di Hangzhou, seorang Coser dapat memverifikasi semua ide yang tidak dibatasi untuk mendorong seseorang agar berani berpikir, melakukan, dan mewujudkan," menurut mereka.

Rangkullah masa depan sektor animasi di Hangzhou

Praktisi animasi di Hangzhou yakin bahwa animasi China akan mengantarkan era yang lebih baik. Bagaimana menemukan poin inovasi dan ide kreatif animasi Cina? Su Huan, CEO Hangzhou InNow, percaya bahwa industri animasi itu sendiri adalah tentang fusi dan pluralisme lintas industri, terutama eksplorasi dan pembentukan budaya tradisional China.

"Tahun depan, kami akan meluncurkan App berbasis teknologi kecerdasan buatan untuk mendobrak hambatan teknis produksi animasi dan membuat lebih banyak orang merasakan pesona animasi dengan mudah melalui aplikasi ini," ujar Su.

Teng Kuixing dan Liu Qin adalah sutradara dan aktor sulih suara terkenal di China. Mereka bersama-sama menjadi juri kompetisi sulih suara festival animasi, yang juga merupakan satu-satunya kompetisi sulih suara animasi tingkat nasional.

Baik Teng maupun Liu menyebutkan bahwa kekurangan talenta berkualitas tinggi saat ini adalah tantangan umum yang dihadapi seluruh pasar Game Komik Animasi China. Namun, menurut pandangan mereka, Hangzhou telah melatih dan mengangkut talenta-talenta muda ke berbagai subsektor industri animasi melalui berbagai cara. Misalnya, kompetisi sulih suara tahun ini menggunakan sumber daya platform festival animasi untuk memberikan peluang kerja sama yang saling menguntungkan bagi perusahaan dan pemenang.

Banyak animator Hangzhou berusaha keras untuk menghasilkan karya animasi China asli kelas satu, yang merupakan sumber kekuatan dan keyakinan kuat dari kreasi animasi mereka. Karenanya, Hangzhou layak mendapat julukan "Ibu Kota Kartun dan Animasi China".

Sumber: China International Cartoon & Animation Executive Committee Office

Tautan Lampiran Gambar:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020