PMI Jember salurkan obat-obatan untuk TNI yang bertugas di Papua

PMI Jember salurkan obat-obatan untuk TNI yang bertugas di Papua

Tim SAR mengevakuasi korban gempa bumi saat simulasi peringatan Hari Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) ke-14 tahun 2019 di Alun-alun Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/12/2019). Simulasi penanganan bencana itu dilakukan secara terpadu melibatkan relawan lintas lembaga untuk menyiapkan relawan saat terjadi bencana. ANTARA FOTO/Seno./hp. (ANTARA FOTO/SENO)

Jember, Jatim (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur menyalurkan bantuan obat-obatan untuk pasukan Batalyon infanteri (Yonif) Raider 515 Kostrad yang akan bertugas di Papua untuk menjaga perbatasan wilayah Indonesia.

"Bantuan obat-obatan ini untuk memperkuat kerja sama atau sinergitas antara PMI Kabupaten Jember dengan Yonif Raider 515 Kostrad yang bermarkas di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember," kata kepala Klinik Pratama PMI drg Ayu Dwi Anggraheni melalui sambungan telepon, Selasa.

Menurut dia, bantuan obat-obatan tersebut sebagai persiapan Satuan Tugas Yonif Raider 515 Kostrad yang akan menggantikan 450 personel Yonif Para Raider 305 Kostrad di Papua. Maka dari itu, PMI memberikan dukungan penuh kepada anggota TNI yang akan melaksanakan tugas negara di perbatasan Papua untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki menambahkan pihaknya merasa bangga mendapatkan kepercayaan dari TNI yang bisa ikut membantu persediaan logistik dalam bentuk obat-obatan untuk personel Yonif Raider 515 Kostrad yang akan bertugas melakukan pengamanan di perbatasan di Papua

PMI punya empat tugas pokok dan fungsi yakni kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, memberikan pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta terakhir pelayanan transfusi darah. "Mendukung tugas TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI juga merupakan tugas dari PMI," tambahnya.

Perwakilan Yonif Raider 515 Kostrad Letda Hadi Widiyanto mengatakan bantuan obat-obatan yang diberikan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan personel untuk menjaga kesehatannya selama bertugas di Papua. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Jember yang ikut mendukung tugas TNI dalam menjaga keamanan. 

Baca juga: Australia berikan dukungan ke PMI dalam penanganan COVID-19

Baca juga: Cegah COVID-19 secara mandiri, santri manfaatkan 'sprayer' bantuan PMI

Baca juga: PMI latih santri di Jember Jatim meracik disinfektan yang aman
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020