Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi direkam dan disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (20/6/2020), seperti program padat karya Kementerian PUPR yang menyerap 28 ribu tenaga kerja, hingga kesepakatan kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam membangun kembali pariwisata serta ekonomi kreatif.

Berikut rangkuman informasi ekonomi tersebut yang masih layak dibaca pada akhir pekan ini

PUPR targetkan padat karya bidang jalan serap 28.000 tenaga kerja

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan program padat karya tunai (PKT) di bidang pemeliharaan jalan dan jembatan mampu menyerap 28.987 tenaga kerja di masa normal baru atau new normal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi. Tujuannya adalah untuk mendistribusikan uang hingga ke desa-desa.

Baca selengkapnya di sini

 

Ketua MPR: Ekonomi Pancasila bisa ambil alih sistem ekonomi global

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan sistem ekonomi Pancasila mempunyai peluang mengambilalih sistem ekonomi dunia yang tengah terkoreksi karena pandemi COVID-19.

Dalam webinar dan bedah buku "Ekonomi Pancasila dalam Pusaran Globalisasi", Sabtu, Bamsoet, panggilan akrabnya, menjelaskan sistem ekonomi Pancasila merupakan sistem khas bangsa di luar sistem ekonomi yang berlaku di luar.

Baca selengkapnya di sini

 

Kemenparekraf sosialisasi normal baru pariwisata via youtube

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara "Sosialisasi Menuju Tatanan Kenormalan Baru di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf)" yang ditayangkan secara daring melalui siaran live streaming di kanal YouTube Kemenparekraf mulai hari ini, Sabtu (20/6) dan Minggu (21/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan kondisi saat ini mengharuskan semua pihak untuk beradaptasi dan tetap optimistis bahwa pandemi COVID-19 bisa dilalui dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin.

Baca selengkapnya di sini

 

Erick: Pembelian saham Vale bagian pengembangan mobil listrik nasional

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa pembelian 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) oleh holding BUMN pertambangan, MIND ID menjadi bagian penting dalam pengembangan industri baterai untuk mobil listrik nasional.

"Kita berhasil menambah lagi kepemilikan negara di sektor pertambangan. Indonesia merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia sehingga transaksi saham PTVI ini menjadi bagian penting dalam rencana pengembangan industri baterai untuk mobil listrik," ujar Menteri Erick di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

Indonesia-Malaysia kembangkan koridor perjalanan wisata bersama

Indonesia dan Malaysia sepakat bekerja sama membangun kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing negara yang terpukul akibat pandemi COVID-19, salah satunya dengan membangun koridor perjalanan wisata bersama.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan Malaysia merupakan salah satu mitra penting bagi pariwisata Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020