Beijing (ANTARA) -- Menyambut datangnya tahun 2020, Presiden Tiongkok Xi Jinping, tak lupa menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru 2020 kepada seluruh negara sahabat. Dalam ucapannya, Xi turut memaparkan sejumlah pencapaian selama setahun terakhir, dan tentunya, pernyataan menyambut perayaan akbar HUT ke-70 Republik Rakyat Tiongkok.

"Kami bergembira atas hasil-hasil cemerlang yang tercapai selama 70 tahun ini, terkesan dan kagum atas jiwa patriotisme masyarakat yang berkobar. Semua ini ikut membentuk kekuatan yang menyanjung Tiongkok baru dan perjuangan di era baru, sehingga telah menambah kekuatan yang tak terhingga," ujar Xi dalam pidatonya.

Dalam pesan tahun barunya, Xi juga sengaja menyinggung beberapa sosok yang mengharukannya, dan memuji mereka telah melakukan hal-hal yang luar biasa dengan bertugas di masing-masing posnya.

"Pada saat ini, masih banyak pekerja yang bertahan di pos tugasnya masing-masing. Banyak lagi yang tengah bertugas menjaga keamanan kita. Banyak orang yang masih bekerja dengan rajin. Kepada mereka saya ucapkan terima kasih," tegasnya.

Pada 2020, Tiongkok akan secara menyeluruh merampungkan target masyarakat sejahtera, dan tepat pada waktunya mewujudkan target pengentasan kemiskinan seluruh populasi kelompok miskin di pedesaan menurut standar yang berlaku sekarang.

Menyinggung situasi Hong Kong yang menjadi sorotan masyarakat internasional, Xi mengatakan, tanpa adanya lingkungan yang harmonis dan stabil, mustahil membangun kampung halaman yang sejahtera dan makmur. 

"Kemakmuran dan kestabilan Hong Kong adalah keinginan saudara-saudara setanah air Hong Kong, sekaligus harapan rakyat setanah air," tuturnya.

Menutup pidatonya, Xi menyatakan, Tiongkok dengan teguh menempuh jalan pembangunan yang damai, dengan teguh menjaga perdamaian dunia dan mendorong perkembangan bersama. Beliau menghimbau rakyat berbagai negara di dunia bergandengan tangan dan bersama-sama membangun “Sabuk dan Jalan”, mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia, dan berupaya keras demi terciptanya masa depan yang cerah bagi umat manusia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020