JAKARTA, Indonesia--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Ruangguru, platform belajar online terbesar di Indonesia, hari ini mengumumkan pendanaan Seri C sebesar US$ 150 Juta (dollar US). Seri pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan investasi (Growth equity) global General Atlantic dan perusahaan modal ventura global GGV Capital, diikuti oleh EV Growth, UOB Venture Management dan sejumlah investor baru lainnya.

Transaksi ini adalah salah satu yang terbesar bagi perusahaan teknologi pendidikan di Asia Tenggara. Pendanaan ini menegaskan posisi Ruangguru sebagai yang terdepan di sektor teknologi pendidikan, dan pendanaan akan digunakan untuk mendukung pengembangan produk dan layanan Ruangguru di Indonesia dan Vietnam.

“Kami merasa bangga dapat mendukung Ruangguru dalam memperlancar pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Layanan Ruangguru yang terjangkau dan berkualitas memperkuat upaya Ruangguru dalam mendistribusikan produk-produknya ke masyarakat luas, dan kami merasa bahwa model inilah yang sangat sesuai dengan pasar Indonesia. Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Ruangguru dalam mengoptimalkan potensinya di Asia Tenggara. Selebihnya, pendidikan bukanlah sektor yang asing bagi kegiatan investasi General Atlantic, terbukti dari kemitraan kami dengan perusahaan-perusahaan pendidikan global lainnya seperti Byju’s, Hotmart, Arco, OpenClassrooms, dan Little Golden Star,” ucap Managing Director dan Pimpinan General Atlantic India dan Asia Tenggara Sandeep Naik.

“Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk dalam membantu pemerintah, guru-guru, dan orangtua dalam mengoptimalkan kegiatan belajar yang holistik dan membantu pelajar di Indonesia untuk menjadi lebih kompetitif secara global. Kami yakin bahwa pengalaman panjang kami bersama berbagai perusahaan teknologi pendidikan lainnya di dunia dapat membantu Ruangguru bertumbuh pesat,” tambah Ashish Saboo, Managing Director dan Pimpinan General Atlantic Indonesia. Sebagai bagian dari investasi ini, Ashish juga akan bergabung dalam jajaran komisaris Ruangguru.

“Kemitraan kami dengan Belva, Iman, dan seluruh anggota Ruangguru dilandasi oleh komitmen kami untuk bekerjasama dengan para pendiri perusahaan yang menunjukan semangat dan kecerdasannya dalam mencari solusi dari beragam permasalahan mendasar yang ada saat ini—dan salah satunya adalah pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi untuk mendistribusikan materi pembelajaran berkualitas, Ruangguru telah berhasil menghadirkan pendidikan berkualitas dan terjangkau bagi jutaan siswa di Indonesia. Ruangguru dapat merealisasikan potensi mereka dan menghasilkan dampak yang berkelanjutan,” ucap Managing Partner GGV Capital Jixun Foo.

“Latarbelakang Belva dan Iman yang berasal dari keluarga sederhana mendorong mereka untuk mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi banyak orang. Melalui kerja kerasnya, mereka telah menjadi panutan bagi generasi baru di Indonesia,” tutur Jenny Lee, Managing Partner GGV Capital untuk pendidikan berbasis teknologi. “Pendidikan berbasis teknologi adalah tesis mendasar dalam kegiatan investasi global GGV Capital. Hal ini terbukti dari kemitraan kami dengan berbagai perusahaan-perusahaan terkemuka di industri ini, seperti FengBian (风变), HuoHua (火花), ZuoYeBang (作业帮), XiaoBu (小步), Lambda School, dan LiuLiShuo (NYSE: LAIX). Tim kami siap untuk bekerjasama dengan Belva, Iman, dan segenap tim Ruangguru, untuk mewujudkan visi mereka.”

“Kami sangat antusias menyambut kemitraan dengan General Atlantic dan GGV Capital ini. Kami yakin dua perusahaan ini telah memahami visi kami, yakni membangun perusahaan pendidikan yang berdampak sosial tinggi dan juga berkelanjutan. Kami berharap kemitraan ini dapat membantu kami untuk mencapai misi kami. Kedua perusahaan investasi ini memiliki rekam jejak yang kuat dalam membantu pengusaha lainnya di dunia dalam mengembangkan bisnis di sektor pendidikan dan teknologi. Kami sangat antusias menyambut kehadiran General Atlantic dan GGV Capital di dalam tim kami,” sebut Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara.

“Ruangguru menyediakan beragam produk. Di samping produk ruang belajar untuk pelajar SD, SMP, dan SMA, kami juga menawarkan produk lainnya, seperti bimbingan belajar langsung dari aplikasi, jasa penyediaan guru les, materi pelatihan profesi dan keterampilan, serta platform sistem manajemen belajar untuk perusahaan. Kami berkomitmen untuk terus membangun kurikulum yang komprehensif, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mudah dimengerti dan menyenangkan. Saat ini, 80% dari pengguna kami berada di luar Jakarta. Hal tersebut menunjukan bahwa produk kami diterima secara luas dan terdistribusi secara efektif. Kami bangga mengetahui bahwa apa yang kami lakukan sekarang dapat membantu jutaan siswa Indonesia mencapai mimpi mereka,” tambah Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru Iman Usman.

General Atlantic membuka kantor cabang Jakarta pada bulan Desember 2018. Pendanaan ini merupakan investasi kedua bagi General Atlantic di Indonesia, setelah PT MAP Boga Adiperkasa, perusahaan makanan dan minuman terkemuka yang mengoperasikan tujuh merk eksklusif di Indonesia, termasuk Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone, Creamery, Godiva, Genki Sushi, and Paul Bakery.

Tentang Ruangguru
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan dan saat ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna terdaftar. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruang belajar menawarkan video belajar beranimasi, latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Ruangguru saat ini memiliki 4.000 pegawai dan juga memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

Media contact:
Sekar Krisnauli
Public Relations Lead
Ruangguru
sekar@ruangguru.com
HP: 081585186423

Tentang General Atlantic
General Atlantic adalah perusahaan investasi (growth equity) global terkemuka yang menyediakan modal dan dukungan strategis bagi perusahaan-perusahaan berkembang. Didirikan pada tahun 1980, General Atlantic menggabungkan pendekatan global yang bersifat kolaboratif, keahlian mendalam pada masing-masing sektornya, jangka waktu investasi yang panjang dan pemahaman yang mendalam akan faktor-faktor pendorong pertumbuhan bisnis dalam kemitraan yang dibangun dengan pengusaha-pengusaha dan tim manajemen yang handal guna membangun bisnis luar biasa di seluruh dunia. General Atlantic memiliki lebih dari 150 karyawan profesional di bidang investasi yang berbasis di New York, Amsterdam, Beijing, Greenwich, Hong Kong, Jakarta, London, Mexico City, Mumbai, Munich, Palo Alto, Sao Paulo, Shanghai, dan Singapura. Untuk informasi lebih lanjut tentang General Atlantic, silakan kunjungi situs web: www.generalatlantic.com.

Tentang GGV Capital
GGV Capital adalah perusahaan modal ventura global yang berinvestasi kepada pendiri lokal. Sebagai perusahaan yang fokus pada beberapa sektor, GGV Capital mengerucutkan investasinya untuk perusahaan tahap awal dan perusahaan menuju pertumbuhan di sektor-sektor berikut: Consumer/New Retail, Social/Digital & Internet, Enterprise/Cloud, dan Frontier Tech. GGV Capital didirikan pada tahun 2000 dan mengelola modal US$6.2 miliar dalam 13 dana investasi. Portofolio GGV Capital dulu dan sekarang termasuk Affirm, Airbnb, Alibaba, Bitsight, ByteDance, Ctrip, Didi Chuxing, Grab, Senang, Hello Chuxing, HashiCorp, Houzz, Keep, Sekolah Lambda, LiuLiShuo, Yaitu, Niu, Nozomi Networks, Opendoor, Peloton, Poshmark, Slack, Square, Wish, Xauto, Xiaohongshu, Yellow, YY, Zhaoyou dan banyak lagi. Perusahaan ini memiliki kantor di Singapura, Shanghai, Beijing, Silicon Valley, dan San Francisco. Pelajari lebih lanjut di ggvc.com, @GGVCapital, atau GGVCapital di WeChat.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019