Bupati Jayapura: OPD Harus Kerja Keras dalam Tema Pariwisata

Bupati Jayapura: OPD Harus Kerja Keras dalam Tema Pariwisata

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat menyerahkan bantuan bagi komunitas nelayan di pantai Amai. (Foto: Engel Wally)

Sentani (ANTARA News) - Pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura Tahun depan harus berbasis Pariwisata. Oleh sebab itu setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja keras melalui program kerja sesuai dengan tema kita saat ini.

 Demikian dikatakan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw beberapa waktu lalu. Bupati menyebutkan, untuk mendukung fungsi kerja yang fokus oleh setiap OPD maka Pemerintah Distrik sebagai sentral pelayanan yang harus digerakan secara bersama.

Dikatakan, kalau itu menyangkut perikanan dan kelautan maka Dinas Perikanan dan Kelautan harus ambil bagian di sana. Kalau ke kampung maka DPMK punya peran untuk bersinergi dengan masyarakat kampung. Demikian pula dengan Perindag, Kebudayaan dan Pariwisata,Dispora, PUPR, Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta OPD teknis lainnya.

"Kalau tidak ada sinergitas yang baik, apapun usaha kita selama ini akan sia-sia," ujar Bupati Awoitauw di Sentani. Kamis (5/12/2019).

Pelaksanaan PON akan diikuti oleh ribuan orang, kata Awoitauw, dan tidak mungkin mereka hanya ikut PON saja dan kembali ke daerah mereka masing-masing.

Oleh sebab itu tema besar akan menjadi dasar dan tujuan utama untuk memublikasikan Papua secara umum secara khusus Kabupaten Jayapura kepada masyarakat Indonesia yang datang ke sini.

"Selama ini Papua hanya dilihat dari kondisi geografis, informasinya soal kekacauan dan kekerasan, kemiskinan dan hal-hal yang negatif lainnya. Saatnya kita tunjukan kepada mereka Papua yang sesungguhnya tidak seperti yang dipikirkan oleh mereka," jelas Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo menegaskan, dengan tenggat waktu yang sangat singkat ini, pada penetapan APBD 2020 beberapa waktu lalu sudah ditekankan untuk semua OPD dan semua pihak untuk bekerja sama dalam mensukseskan PON 2020 di daerah ini.

"Dari sisi pengawasan akan tetap kami laksanakan, tetapi yang terpenting adalah kerja sama disemua bidang untuk sukseskan acara skala nasional ini," pungkasnya. (ADV)

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 1970