Kami juga memfasilitasi pertemuan pelaku KUKM Batam dengan pihak Johor Malaysia untuk akses pasar.
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau meraih penghargaan Natamukti 2019 karena dinilai berhasil mendorong peningkatan kualitas produk Usaha Mikro Kecil Menengah.

"Ini yang pertama kali. Mudah-mudahan menjadi penyemangat untuk lebih berpihak dan peduli kepada koperasi dan UMKM," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan, di Batam, Senin.

Penghargaan bergengsi itu diberikan MarkPlus Institute bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Penilaian dilakukan melalui proses panjang, dimulai dari riset hingga verifikasi lapangan dengan mengacu Model Natamukti oleh ISCB. Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan, dan teratur.

Selain dinilai berhasil meningkatkan kualitas produk UMKM, penghargaan itu diberikan karena Pemkot Batam dianggap berhasil mempromosikan serta membangun ekosistem UMKM setempat.

Baca juga: Google Indonesia sudah melatih 7.500 pelaku UMKM di NTB


Nababan mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya meningkatkan "kelas" UMKM di Batam, antara lain dengan membentuk Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM.

Pelaku UMKM mendapatkan pembinaan, mulai dari cara mengemas, hingga mempromosikan produk yang dihasilkan dalam PLUT.

Pemkot Batam, lanjut dia, turut mengembangkan UMKM dengan berbagai fasilitas yang diberikan, antara lain pembiayaan oleh APBD/BLUD Dana Bergulir, fasilitas KUR, fasiltasi IUMK, Merk/HAKI, dukungan pembuatan badan hukum, sertifikasi halal.

Kemudian fasilitasi kerjasama dengan kementerian di antaranya KUKM RI, Bekraf, Kementerian Kominfo, Kemenlu, hingga Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

"Kami juga memfasilitasi pertemuan pelaku KUKM Batam dengan pihak Johor Malaysia untuk akses pasar. Termasuk kegiatan yang dilakukan oleh komunitas UKM sendiri," kata dia.


Baca juga: Kota Malang terima Penghargaan Natamukti berkat UMKM
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019