Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 mengumumkan data peta penyebaran virus Corona (COVID-19) di wilayah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat agar diketahui masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Sorong, Rudy R Laku di Sorong, Jumat , mengatakan bahwa penyebaran virus Corona telah merata di kota Sorong sehingga masyarakat diharapkan waspada dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan, penyebaran COVID-19 di Distrik Maladumes yakni satu orang dalam pemantauan (ODP), satu orang pasien dalam pengawasan (PDP). Distrik Malaimsimsa  terdapat 11 ODP namun selesai dilakukan pemantauan delapan orang, dua orang tanpa gejala (OTG), dua orang positif, tiga PDP namun  satu telah selesai pengawasan.

Dikatakan bahwa Distrik Sorong Utara sebanyak 14 ODP namun selesai pemantauan enam orang, OTG sebanyak enam selesai pemantauan satu orang, dan PDP sebanyak tiga orang namun ketiganya telah selesai pengawasan.

Distrik Klaurung ODP sebanyak 10 orang selesai pemantauan tujuh orang, OTG berjumlah sembilan orang, dan satu PDP dinyatakan positif. Distrik Sorong Timur sebanyak 46 ODP namun selesai pemantauan 35 orang, OTG berjumlah 38 selesai pemantauan 23 orang, PDP berjumlah enam orang dan selesai pengawasan sebanyak empat orang.

Kemudian Distrik Sorong Manoi terdapat 23 ODP selesai pemantauan 20 orang, OTG sebanyak 40 orang dan selesai pemantauan 24 orang, sebanyak tiga orang PDP, dan satu orang PDP telah meninggal dunia. Distrik Sorong Kepulauan terdapat lima ODP namun tiga orang telah selesai pemantauan.

Selanjutnya Distrik Sorong sebanyak 14 ODP namun selesai pemantauan enam orang, jumlah OTG sebanyak 16 orang namun telah selesai pemantauan. Distrik Sorong Kota terdapat empat ODP selesai pemantauan sebanyak tiga orang, OTG berjumlah satu orang. Distrik Sorong Barat ODP sebanyak 13 orang selesai pemantauan dua orang, OTG satu orang, dan dua PDP namun telah selesai pengawasan.

Ia menjelaskan bahwa hingga 24 April 2020 di kota Sorong terdapat 47 OTG, sebanyak 141 ODP namun sudah selesai pemantauan sebanyak 96 orang dan dalam proses pemantauan oleh tim Satgas hingga saat ini sebanyak 45 orang.

Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 27 orang namun selesai pengawasan berjumlah 15 orang dan dalam proses pengawasan sebanyak 12 orang. Sebanyak lima orang positif namun seorang telah meninggal dunia tersisa empat orang dalam penanganan. Dua orang telah meninggal dunia dengan status pasien dalam pengawasan sehingga jumlah pasien meninggal tiga orang.

"Transmisi lokal telah terjadi di kota Sorong sehingga masyarakat diharapkan waspada dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020