Wasior, (Antaranews Papua Barat)-Sebanyak 20 personil Satpol Pamong Praja Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dipersiapkan menjadi petugas pemadam kebakaran.

Dalam waktu dekat mereka akan mengikuti pelatihan mengoperasikan mobil pemadam kebakaran.

Kepala Satpol PP Frans O Torey menyatakan, 20 anggotanya itu sebelumnya sudah pernah mengikuti pelatihan Damkar di Jakarta. Namun tetap perlu ada pelatihan lanjutan guna meningkatkan kemampuan mereka terutama keterampilan mengoperasikan peralatan Damkar.

"Setelah itu baru dilakukan simulasi yang akan dilihat pimpinan daerah untuk perlihatkan kesiapsiagaan Satpol PP manakala terjadi kebakaran," kata Torey, Kamis di kantor Satpol PP di kompleks perkantoran Pemkab Teluk Wondama di Isei.

Melalui APBD 2017, Pemda setempat telah mendatangkan satu unit mobil Damkar. Meskipun berukuran kecil dengan kapasitas tangki 3000 liter, keberadaannya dinilai sangat vital mengingat itu merupakan armada Damkar pertama yang dimiliki Pemkab Teluk Wondama.

"Memang armada yang ada masih dibawah standar tapi ke depan kita sesuaikan dengan tingkat kebakaran yang terjadi. Kalau terus meningkat maka akan diupayakan untuk tambah armada,"pungkas perwira Polri berpangkat Ajun Komisaris Polisi ini. (*)

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018