Pemerintah Provinsi Papua Barat serius menangani penyakit kaki gajah di wilayah Sorong Raya karena daerah tersebut merupakan salah satu daerah endemik penularan penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Hermanus F Kalasuat di Sorong, Kamis, mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei menyebutkan Sorong merupakan salah satu daerah endemik penyakit kaki gajah atau Filariasis di Provinsi Papua Barat.

Dia menambahkan, upaya pemerintah dalam penanganan penyakit kaki gajah di Sorong bahkan seluruh wilayah Provinsi Papua Barat dengan program pemberian obat secara massal untuk dikonsumsi masyarakat.

Menurutnya, melalui program nasional pemberian obat secara massal bagi masyarakat wilayah Sorong diharapkan dapat mencegah dan menekan angka penularan penyakit kaki gajah.

Ia menyampaikan, kegiatan pemberian obat massal guna pencegah kaki gajah bagi masyarakat di Papua Barat telah berlangsung sejak awal Oktober 2019 hingga sekarang ini.

Pemberian obat kaki gajah tersebut bukan hanya bagi mereka penderita kaki gajah saja, tetapi seluruh masyarakat mulai dari usia 2 sampai 69 tahun sebagai upaya pencegahan.

Pemerintah menargetkan konsumsi obat pencegah penyakit kaki gajah di wilayah Sorong maupun Papua Barat pada umumnya tahun 2019 di atas 85 persen.

"Program ini adalah program secara nasional yang tujuan utamanya adalah membebaskan masyarakat Indonesia dari penyakit kaki gajah pada ada 2025," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019