PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 22 warga kurang mampu di tiga kabupaten pada wilayah Provinsi Papua Barat.

Manajer PT PLN UP3 Manokwari Fredrik M Noriwari di Manokwari, Jumat, mengatakan ketiga kabupaten yang menerima bantuan adalah Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Teluk Wondama.

"Bantuan listrik tersebut kita sudah lakukan serentak se Indonesia pada tanggal 23 Oktober kemarin untuk menyambut peringatan Hari Listrik Nasional ke-79 pada tanggal 27 Oktober 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan sambungan listrik gratis dengan daya 450 watt dan 900 watt tersebut diberikan kepada pelanggan dari empat Unit Layanan Pelanggan (ULP) di bawah UP3 Manokwari.

Keempat ULP tersebut adalah ULP kota Manokwari sebanyak delapan pelanggan, ULP Prafi Manokwari sebanyak lima pelanggan, ULP Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak lima pelanggan, dan ULP Kabupaten Teluk Wondama empat pelanggan.

Bantuan listrik gratis tersebut merupakan program rutin PLN yang dinamakan Light Up The Dream.

Pendanaan program Light Up The Dream berasal dari penghasilan pegawai PLN yang disisihkan untuk membantu masyarakat kurang mampu. PLN memberikan pemasangan meteran listrik tanpa biaya sedikitpun.

Program tersebut diadakan PLN pada momen-momen khusus seperti hari besar keagamaan Lebaran dan Natal, maupun hari HUT Kemerdekaan RI.

"Kita juga memberikan pulsa awal di meteran Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Bantuan tersebut kita berikan pada warga kurang mampu yang mungkin masih minta listrik di tetangganya atau rumah yang belum mempunyai listrik sama sekali," ujarnya.

Dengan program tersebut PLN berupaya membantu mewujudkan mimpi warga yang mendambakan kehadiran listrik di rumahnya namun belum mampu sehingga diharapkan semakin banyak masyarakat yang merasakan terang di tempat tinggal mereka.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024