Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Wondama, Papua Barat, menetapkan tiga kali pelaksanaan debat kandidat pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah tersebut pada 1-2 November 2024.

Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur di Wasior, Jumat, mengatakan debat pertama untuk calon wakil bupati, debat kedua untuk calon bupati dan debat ketiga untuk kedua pasangan calon.

"Format debat kandidat tiga kali dalam dua hari. Pada 1 November pukul 10.00-12.00 WIT untuk calon wakil bupati. Selanjutnya debat kedua pukul 15.00-17.00 WIT untuk calon bupati. Sedangkan 2 November debat untuk dua pasangan calon," katanya.

Ia mengatakan debat kandidat tersebut berdasarkan kesepakatan dengan kedua tim pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama, yaitu pasangan Elysa Auri-Antonius Alex Marani (AMAN) dan pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT).

KPU Teluk Wondama juga telah menetapkan kalangan akademisi dari dua perguruan tinggi, yaitu Universitas Papua (Unipa) dan STIH Manokwari sebagai panelis sekaligus tim perumus materi

"Hal itu juga sudah disetujui pasangan calon dan sudah dibahas dalam rapat koordinasi teknis tingkat provinsi dan telah ditandatangani berita acara," ujarnya.

Dia menyebutkan ada enam tema besar yang akan menjadi materi utama debat kandidat Pilkada 2024 sebagaimana diatur dalam petunjuk teknis (Juknis) KPU RI Nomor 1363 Tahun 2024.

Materi dari enam tema tersebut, kata dia, sudah diberikan kepada tim dari kedua pasangan calon untuk dipelajari.

"Jadi pertanyaannya itu berkisar di antara Wondama dalam angka, mulai dari lima tahun lalu sampai dengan tahun 2024. Kita harapkan kedua paslon tetap sehat, sehingga bisa tampil dalam debat nanti dengan baik," ujarnya.
 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024