Sebanyak 1.308 orang yang lolos seleksi administrasi sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2024 di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya kini mulai menjalani seleksi kompetensi dasar (SKD).
 
Penjabat Wali Kota Sorong Bernhard Rondonuwu, di Sorong, Kamis, menjelaskan jumlah kuota yang diperoleh Pemerintah Kota Sorong pada formasi penerimaan CPNS 2024 sebanyak 500 orang.
 
"1.308 orang ini ikut tes untuk mengisi kuota formasi yang telah ditetapkan," jelas Pj Wali Kota Sorong.
Penerapan sistem tes penerimaan CPNS ini menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) di SMK Negeri 3 Kota Sorong yang telah berlangsung sejak 16-19 Oktober 2024.
 
Menurut dia, sistem CAT telah menjadi standar dalam proses seleksi CPNS di Indonesia sebagai upaya untuk menekan risiko manipulasi hasil penerimaan CPNS.
 
"Ini sejalan dengan prinsip transparansi yang dijunjung tinggi oleh Pemerintah Kota Sorong," ujar dia.
 
Bernhard mengatakan pada tes ini juga peserta sendiri yang menentukan hasil kelulusan mereka tanpa intervensi faktor eksternal yang akan mempengaruhi penilaian hasil seleksi.
 
"Keputusan akhir adalah murni hasil dari usaha dan prestasi masing-masing untuk lolos menjadi CPNS," ujar dia.
 
Dia mengakui bahwa penerimaan formasi 2024 ini tujuannya untuk memperkuat kebutuhan tenaga ASN di Pemerintah Kota Sorong sebagai abdi negara
 
"Kita harap calon pegawai negeri ini setelah dinyatakan lulus bisa mengabdikan diri seutuhnya untuk melayani masyarakat di kota ini," harap dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024