Budi Gunawan resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) periode 2024-2029 melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Musornas-I) yang digelar pada 5-7 Oktober 2024 di Jakarta.

Pemilihan Budi Gunawan berlangsung aklamasi dengan dukungan dari 34 perwakilan provinsi se-Indonesia, karena dinilai berhasil memajukan ekosistem e-sports Indonesia pada periode 2020-2024.

Budi Gunawan dalam sambutan mengapresiasi dukungan pengurus PBESI periode 2020-2024 dan seluruh pelaku e-sports Indonesia termasuk para atlet dan pelatih Tim Nasional Indonesia.

Kemajuan e-sport Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional seperti IESF, GEG, dan AESF, serta diakui secara resmi oleh Pemerintah Indonesia sebagai cabang olahraga.

"E-sports sekarang sudah resmi sebagai cabor setelah diakomodasi ke dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022," kata Budi Gunawan.
 
Ketua Harian Pengprov ESI Papua Barat Patrick Yauw Meyer bersama Ketua Umum PBESI Budi Gunawan (kanan) (ANTARA/HO PBESI)

Selain itu, kata dia, e-sports juga telah diikutsertakan dalam pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 sebagai eksibisi dan sudah menjadi cabor resmi pada PON Aceh-Sumut 2024.

Budi fokus mengembangkan pembinaan atlet dan ekosistem esports termasuk mendirikan Akademi Esports di berbagai tingkatan pendidikan yang bekerja sama dengan Akademi Garudaku.

Selain itu, ada program pembinaan yang dikhususkan bagi para pelatih, wasit, serta CPNS atlet berprestasi yang didukung oleh Kemenpora sebagai bagian dari kebijakan strategis.

Ketua Harian Pengprov ESI Papua Barat Patrick Yauw Meyer mengakui Budi Gunawan berhasil memajukan e-sport Indonesia dengan meraih berbagai prestasi skala nasional maupun internasional.

E-sport Indonesia meraih juara umum pada SEA Games 2023 di Kamboja, serta menjadi tuan rumah dan juara umum Kejuaraan Dunia IESF 2022. Sebelumnya, Indonesia memperoleh dua emas, tiga perak, dan satu perunggu saat SEA Games 2021 di Vietnam.

Musyawarah Nasional Luar Biasa I PBESI turut dihadiri oleh Kepala BINDA Papua Barat Mayor Jenderal (Purn) Daru Cahyono yang juga menjabat sebagai Ketua Umum dan Ketua Harian PBESI Papua Barat.
 

Pewarta: Fransiskus Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024