Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Teluk Wondama Derek Ampnir mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda, untuk terus mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Bersekolah dengan baik, beribadah dengan baik, bergaul dengan santun bersama orang lain yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda itu yang namanya mengamalkan nilai Pancasila," katanya setelah memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kantor Bupati Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Selasa.

Pancasila merupakan dasar negara serta falsafah bangsa dan negara. Pancasila juga merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut dia, nilai-nilai yang tertuang dalam lima sila Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, di mana Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan memiliki keragaman suku, bangsa, dan agama.

"Karena kita ini sesungguhnya berasal dari berbagai macam suku bangsa, tapi keberadaan Pancasila sebagai pengikat dan pemersatu perbedaan. Jadi saya pesan kepada generasi mudah di Wondama supaya selalu amalkan nilai Pancasila," ujarnya.

Ia berharap, peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober dapat membangkitkan semangat generasi muda Teluk Wondama untuk terus menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Teluk Wondama yang sebagian besar peserta kalangan pelajar SLTA berlangsung sederhana namun hikmat.

Turut hadir dalam upacara, Kapolres Teluk Wondama AKBP Hari Sutanto, Wakil Ketua Sementara DPRK Teluk Wondama Yuliana Manupapami, dan para pimpinan OPD serta kepala distrik.
 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024