Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyatakan dokumen pendaftaran bakal pasangan calon bupati Bernard Sefnat Boneftar dan wakil bupati Eddi Waluyo (BERBUDI) telah lolos verifikasi administrasi.

Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu di Manokwari, Sabtu, mengatakan keabsahan seluruh dokumen syarat pasangan bakal calon bupati-wakil bupati sudah diperiksa secara teliti dan cermat.

Dokumen tersebut meliputi surat keputusan persetujuan dari dewan pimpinan pusat masing-masing partai politik pendukung, ijazah para bakal calon, laporan pajak tahunan, dan lainnya.

"Kami sudah periksa dokumen fisik maupun yang diupload ke aplikasi Silon, semuanya lengkap dan diterima," kata Christine.

Selanjutnya, kata dia, pasangan bakal calon kepala daerah tersebut akan mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat selama dua hari.

Hasil pemeriksaan kesehatan fisik dan mental termasuk bebas narkotika dari masing-masing bakal calon nantinya divalidasi oleh KPU setempat sebagai syarat kelayakan calon.

"Besok Hari Minggu (15/9) dan Hari Senin (16/9), kedua bakal calon mengikuti tahapan pemeriksaan di RSUP Papua Barat," jelas Christine.

Dalam kesempatan itu, Christine mengajak seluruh partai politik pendukung maupun simpatisan BERBUDI untuk menciptakan situasi politik di Manokwari yang santun, aman, dan tertib.

Perbedaan pilihan politik saat Pilkada 2024 merupakan hal yang lumrah sebagai wujud aspirasi kolektif, sehingga seluruh pihak diharapkan tetap memegang teguh prinsip saling menghormati.

"Mari semua gunakan hak pilih sebagai warga negara yang baik pada tanggal 27 November 2024. Mari kita semua menjaga Manokwari supaya aman," ucap dia.

Christine mengapresiasi dukungan pengamanan TNI-Polri dan pemberitaan positif dari media massa, sehingga seluruh tahapan pendaftaran pasangan bakal calon berjalan lancar.

Ada sejumlah tahapan Pilkada 2024 yang masih akan dilakukan seperti, penelitian persyaratan calon, penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara.

"Suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Manokwari membutuhkan dukungan seluruh elemen bangsa. Mari kita bergandengan tangan," ajak Christine.
Massa pendukung bakal calon bupati Bernard Sefnat Boneftar dan wakil bupati Eddi Waluyo (BERBUDI) mengikuti proses verifikasi dari luar Kantor KPU Manokwari, Papua Barat, Sabtu. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

Bakal calon Bupati Manokwari Bernard Sefnat Boneftar mengatakan persiapan hingga dinyatakan lolos verifikasi sebagai pasangan bakal calon untuk mengikuti kompetisi Pilkada 2024 sangat panjang.

Jumlah partai politik yang memberikan dukungan kepada BERBUDI sebanyak enam partai yaitu Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Ummat, PKN, Partai Garuda, dan PBB.

"Terima kasih kepada dewan pimpinan pusat yang dengan bijak memberikan dukungan kepada kami," ujar Boneftar.

Boneftar mengucapkan terima kasih atas kerja keras KPU dan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang sudah melaksanakan tugas sesuai ketentuan perundang-undangan.

Keterlibatan unsur TNI-Polri dalam memberikan pengamanan juga patut diapresiasi sehingga seluruh tahapan berlangsung tanpa menimbulkan potensi gangguan kamtibmas.

"Mewakili koalisi, tim kerja, pendukung, dan simpatisan, BERBUDI mohon maaf apabila dalam proses panjang ini ada kekhilafan yang terjadi," kata Boneftar. 

Perlu diketahui, pasangan bakal calon bupati-wakil bupati yang sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi pada tahapan pendaftaran sebelumnya adalah Hermus Indou dan Mugiyono (HERO).
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024