Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menyatakan pendaftaran Pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT) sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Teluk Wondama dalam Pilkada Serentak 2024 telah memenuhi syarat dan diterima.

Pasangan 'HEMAT' merupakan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang pertama mendaftarkan diri ke KPU Teluk Wondama pada Rabu, 28 Agustus 2024.

"Setelah melakukan pemeriksaan maka syarat pencalonan dan syarat calon Pasangan HEMAT sudah lengkap dan benar untuk dapat dilanjutkan ke tahapan selanjutnya," kata Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur.

Dengan demikian pasangan calon bupati dan wakil bupati petahana itu akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat di Manokwari.

"(Pemeriksaan kesehatan) Dilakukan pada tanggal 28 sampai dengan 2 September 2024 di Rumah Sakit Umum Pemerintah Provinsi Papua Barat," lanjut Rumabur.

Menanggapi kelolosan pasangan 'HEMAT' di tahap pendaftaran, Bakal Calon Bupati Hendrik Mambor menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan. 

"Pada hari ini KPU boleh menyatakan bahwa berkas yang menjadi syarat pencalonan dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Ini karena pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa sehingga semua bisa berjalan dengan baik," kata Mambor dalam sesi konferensi pers usai pendaftaran.

Mambor lantas menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Teluk Wondama. Bupati petahana ini juga menyatakan pasangan 'HEMAT' siap mengikuti tahapan Pilkada dan berharap pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah itu dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Setelah ini tentunya ada tahapan yang harus kita lalui. Tim HEMAT akan mematuhi semua aturan-aturan yang ada. Harapan kami Pemilukada kali ini dapat terlaksana dengan penuh damai," ujar Ketua DPC Gerindra Teluk Wondama itu.
Pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT) sebagai calon bupati-calon wakil bupati Teluk Wondama periode 2024-2029 mengenakan busana adat diantar ratusan orang saat mendaftar ke Kantor KPU Teluk Wondama di Wasior, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/HO-Zack Tonu B)


Pasangan 'HEMAT' diusung delapan partai dengan total kursi sebanyak 14 kursi. Adapun partai pengusung adalah Gerindra, PAN, PPP, PDIP, NasDem, PKS, Demokrat, dan Hanura. Sementara dua partai nonkursi yang diklaim menjadi pendukung adalah Partai Gelora dan Partai Umat.

Pendaftaran pasangan 'HEMAT' di Kantor KPU Teluk Wondama di Wasior diiringi massa dan simpatisan yang berjumlah ratusan orang.

Sebelum mendatangi Kantor KPU Teluk Wondama, dilangsungkan deklarasi serta pelantikan tim pemenangan 'HEMAT' Jilid II yang diketuai oleh eks Wakil Bupati Teluk Wondama periode 2016-2021 Paulus Yulius Indubri. 
 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024