PT Freeport Indonesia (PTFI) berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, di Timika.

Vice President Environmental PTFI Gesang Setyadi melalui rilis di Timika, Sabtu, mengatakan bahwa Freeport bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika telah memulai rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sejak 15 Mei 2024.

"Puncak dari perayaan Hari Lingkungan Hidup yakni kami rangkaian dalam sebuah acara pameran di Halaman Graha Eme Neme di Timika," katanya.

Menurut Gesang pihaknya berkolaborasi bersama DLH menanam pohon di Grasberg Tembagapura, workshop lingkungan dan beberapa jenis perlombaan, aksi bersih kota dan melepasliarkan satwa.

"Sebelumnya Freeport telah melakukan berbagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimulai sejak 15 Mei 2024," ujarnya.

Dia menjelaskan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia PTFI sejalan dengan tema yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) yakni penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan.

"Puncak acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia berlangsung sejak 5-7 Juli 2024, dengan beragam acara seperti pameran program-program ramah lingkungan dari setiap divisi," katanya lagi.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Mimika Innosensius Yoga Pribadi menambahkan, dirinya mengajak masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

"Saya mengajak kita semua sebagai masyarakat Mimika, baik pemerintah, swasta m, individu dan komunitas untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan nyata melindungi dan melestarikan lingkungan hidup," katanya.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024