Wasior (ANTARA)- Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Bernadus Imburi menyerukan gerakan bagi seluruh masyarakat di daerah tersebut untuk gemar mengkonsumsi ikan.

"Mengkonsumsi ikan itu penting dan harus rutin. Ikan mengandung kadar protein tinggi yang dibutuhkan setiap manusia," kata bupati pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) tahun 2017 yang dipusatkan di Pantai Wisata Ketapang Lima Wasior, belum lama ini.

Ia mengimbau seluruh warga mempriotaskan ikan pada setiap menu makanan bagi anak. Ia meyakini kandungan protein pada ikan mampu membentuk kecerdasan anak.

Peringatan Harkanas diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Teluk Wondama. Peringatan Harkanas dirangkai dengan lomba cipta menu tradisional berbahan ikan yang diikuti Tim Penggerak PKK tingkat distrik.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rusman Tingginehe pada kesempatan itu mengutarakan, tingkat konsumsi ikan di Teluk Wondama masih rendah. Harkanas 2017 dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya makan ikan.

Warga diharapkan menjadikan ikan sebagai menu wajib setiap hari karena ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang berguna bagi tubuh.

"Makanya hari ini kita libatkan masyarakat, anak sekolah juga semua pimpinan SKPD kita undang untuk memberi pemahaman masyarakat bahwa ikan itu sangat penting untuk gizi bagi masyarakat terutama anak-anak usia dini,"ujar Tingginehe.

Salam lomba cipta menu tradisional berbahan ikan, Distrik Roon meraih juara I disusul Distrik Teluk Duairi di tempat kedua dan juara III Distrik Wasior. (***)

Pewarta: Zack Tonu B

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017