Kepolisian Resor (Polres) Teluk Wondama, Papua Barat, melakukan penanaman 1.000 pohon sebagai bentuk kepedulian pada kelestarian lingkungan dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-78 pada 1 Juli mendatang.

Kapolres AKBP Hari Susanto di Wasior, Kamis, mengatakan penanaman pohon dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan di dua lokasi berbeda di Kampung Isei, Distrik Rasiei dan Kampung Maniwak, Distrik Wasior.

"Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama," katanya.

Adapun pohon yang ditanam sebagian besar adalah pohon Buah Hitam (hablolobus cf.monticola husson) yang merupakan salah satu jenis tanaman endemik Teluk Wondama.

Buah Hitam dalam bahasa lokal dikenal dengan Piarawi biasa dimanfaatkan daging buahnya untuk sajian makanan tambahan oleh warga asli Wondama.

"Penanaman kali ini tergolong unik karena yang ditanam adalah pohon buah hitam yang sering dikonsumsi untuk makanan tambahan di sini," ujarnya.

Selain penanaman pohon, Polres Teluk Wondama juga pemberian bantuan bibit ikan kepada peternak di Kampung Isei.

Sebanyak 500 ekor bibit ikan mujair diserahkan Wakapolres Kompol Wilhelmus Tiwo kepada Subini, warga Kampung Isei yang selama ini mengelola tambak ikan.

Pemberian bantuan bibit ikan merupakan upaya Polres Teluk Wondama mendukung ketahanan pangan di kabupaten yang dijuluki tanah Peradaban Orang Papua tersebut.

"Apa yang dilakukan hari ini menjadi simbol komitmen Polres Teluk Wondama dalam menjaga kelestarian lingkungan juga ketahanan pangan di daerah ini. Polres Teluk Wondama juga pastinya mendukung program-program kesejahteraan masyarakat lainnya," kata Tiwo.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepal Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Teluk Wondama Simson Samberi, para PJU Polres Teluk Wondama juga personel Polres Teluk Wondama serta staf Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan.*

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024