Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Papua Barat Daya Jhonny Way menyebut Portal Kasuari Berseri dari Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat merupakan acuan bagi pemerintah untuk menyusun dan merancang kebijakan pembangunan di wilayah itu.
 
"Mengapa? Karena di dalamnya terdapat 45 indikator makro strategis yang diselaraskan di dalam RPJPN dan RPJPD menuju Indonesia Emas 2045," katanya di Sorong, Kamis.
 
Dia berharap kepada seluruh perangkat daerah mulai dari tingkat provinsi hingga di kabupaten/kota untuk memanfaatkan seluas-luasnya Portal Kasuari Berseri ini dalam menyusun program pembangunan guna menunjang pembangunan menuju Papua Barat Daya Emas 2045.
 
Dia pun memberikan apresiasi kepada BPS Papua Barat yang telah berupaya keras menghadirkan Portal Kasuari Berseri ini sebagai bagian strategis dalam menyediakan data akurat yang nantinya menjadi rujukan bagi pemerintah untuk merancang program pembangunan.
 
"BPS ini penyedia data statistik resmi memiliki peran krusial dalam mendukung perencanaan dan evaluasi pembangunan. Beragam data telah dihasilkan BPS, sehingga nantinya data itu menjadi acuan dan rujukan dalam menyusun program kerja," katanya.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya, dalam menyusun perencanaan program dan melakukan evaluasi pembangunan yang telah berjalan harus sesuai dengan fokus pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
Pemerintah telah menetapkan 45 indikator kunci utama dalam pembangunan nasional sebagaimana tertuang di dalam RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional) sebagai upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045 yakni negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.
 
"Sejalan dengan visi itu, pemerintah daerah pun telah melakukan penyelarasan indikator antara RPJPN dengan RPJPD untuk menjaga kesesuaian target program pembangunan agar sejalan dengan program pembangunan nasional," ujarnya. 
 
Menunjang pembangunan itu, kata dia, data memainkan peran krusial dalam setiap realisasi pembangunan yang tepat sasaran menuju visi Indonesia Emas 2045.

Dengan data yang akurat dan terintegrasi, lanjutnya, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya bisa merancang kebijakan program yang lebih efektif, mengidentifikasi prioritas pembangunan dan mengalokasikan sumber daya secara optimal.
 
"Selain itu data juga mendukung pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan untuk memastikan target strategis tercapai sesuai rencana," kata dia.
 
Dia mengajak seluruh pemda di Papua Barat Daya untuk memahami betapa besarnya manfaat yang diperoleh dari portal Kasuari Berseri ini, sehingga perlu mendapatkan dukungan dan pemanfaatan secara baik guna mencapai target pembangunan sesuai dengan target.

Portal Kasuari Berseri ini berisikan 45 data indikator makro strategis untuk mendukung kebutuhan pembangunan pemda  di Papua Barat dan Papua Barat Daya.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024