PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) VII Kasim menggandeng masyarakat di areal operasi untuk meningkatkan kesadaran keamanan dan kelancaran operasional perusahaan sekaligus menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar.
 
Area Manager Communication, Relation, CSR & Compliance Kilang Kasim, Ferdy Saputra di Sorong, Papua Barat Daya, Rabu, menjelaskan kolaborasi perusahaan dengan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan dan kelancaran operasional.
 
“Keamanan perusahaan berkaitan langsung dengan keandalan kilang yang ujungnya adalah produktivitas yang terus terjaga dalam performa terbaik,” jelas dia.
 
Dia menyebutkan penguatan kolaborasi ini terus dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat di areal produksi yakni Kampung Wayankede, Wawenagu, Malabam, Ninjemur dan Klawor sebagai implementasi Health, Safety, Security & Environment (HSSE) Kilang Kasim.
 
"Selain meningkatkan kesadaran keamanan tetapi juga upaya untuk menguatkan jalinan silaturahmi kedua pihak. Kilang kami berada di tengah-tengah masyarakat. Mari kita jaga bersama aset dan kebanggaan bangsa ini,” ujar Ferdy.
 
Tim Security Kilang Kasim Prabowo menyebutkan tugas dan kewenangan Kilang Kasim adalah sebagai pengolah minyak mentah menjadi BBM untuk pemenuhan kebutuhan di wilayah timur Indonesia.

“Maka patut bagi kami melibatkan masyarakat di area sekitar dalam menjaga keamanan bersama, khususnya di masing-masing kampung,” kata dia.
 
Pihaknya juga membuka seluas-luasnya interaksi dari masyarakat jika dirasa ada potensi membahayakan dalam aspek keamanan di lingkungan sekitar.

“Jangan segan untuk menghubungi tim Security agar dapat bekerjasama dalam mengatasi potensi gangguan tersebut,” imbuhnya.
 
Tokoh masyarakat Wayankede, Hence Anggololy menyambut positif inisiatif Kilang Kasim. “Kami mengapresiasi upaya Kilang Kasim yang melibatkan masyarakat demi menjaga keamanan bersama. Langkah-langkah menjaga keamanan khususnya dimulai dari kampung kami. Kami berharap hubungan baik ini terus terjalin berkelanjutan,’’ ujarnya.
 
Kepala Kampung Malabam, Esau Malanye menilai upaya Kilang Kasim ini sebagai langkah yang tepat. “Terima kasih atas langkah perusahaan dengan melibatkan kami agar bersama-sama mengantisipasi hal-hal terkait keamanan di area ring 1,” ucapnya.
  

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024