Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong, Papua Barat Daya menggunakan aplikasi "Indonesian Integrated Monitoring System On Navigation (I-Motion)" untuk mengawasi alur pelayaran kapal di wilayah itu.
 
Plt KSOP Kelas I Sorong, Ronal Mayaut, di Sorong, Rabu, menjelaskan sebelum penggunaan aplikasi ini, petugas dari KSOP rutin menggunakan kapal patroli untuk melakukan pengawasan terhadap alur pelayaran kapal.
 
"Sekarang kan ada edaran Dirjen Perhubungan supaya kita melakukan pengawasan, lalu kita berkoordinasi dengan navigasi untuk penggunaan aplikasi I-motion, sehingga sekarang kita sudah menggunakan I-motion," jelas dia.
 
Melalui aplikasi I-motion, petugas tidak perlu lagi turun menggunakan kapal patroli untuk melalukan pengawasan. Hanya dengan membuka aplikasi I-motion dari kantor sudah bisa memantau kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Sorong.
 
"Itu sudah sejak tahun kemarin kita gunakan aplikasi. Jadi misalnya, ada kapal yang berlabuh di alur pelayaran, dari ruangan saja, saya sudah bisa tahu ini adalah kapal A," ujar dia.
 
Salah satu keuntungan penggunaan aplikasi ini adalah pengawasan sangat efektif dan efisien, baik dari efisiensi waktu maupun bahan bakar minyak.

"Jadi tidak perlu buang tenaga dan minyak untuk melakukan pengawasan, tinggal dari kantor saja lewat aplikasi," jelas dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024