PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) bersama dengan Komunitas Rumah Bakau menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik bertempat di Pantai Ciberi, Kota Jayapura, Papua, Rabu.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono di Jayapura, Rabu, mengatakan, pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 2.394 kilogram sampah.
 
"Kegiatan ini dilakukan guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia karena selain bertugas untuk melistriki seluruh daerah namun kami juga berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap menjaga lingkungan," katanya.

Menurut Budiono, kegiatan tersebut dilakukan melalui program "Green Employee Involvement" Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sehingga diharapkan masyarakat juga dapat menjaga kebersihan pantai.

"Selain dari seluruh pegawai PLN ada juga bersama pemerintah kota dan teman-teman komunitas dan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan," ujarnya.

Dia menjelaskan semoga andil kecil ini bisa sedikit banyak membawa manfaat serta mengajak semua pihak untuk lebih peduli lagi terkait kebersihan yang bisa dimulai dari diri sendiri.

"Dimulai dari kebersihan rumah masing-masing, kebersihan kantor hingga kebersihan lingkungan yang lebih luas,"katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Rumah Bakau Gamel Abdel Naser, mengatakan kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan bentuk membersihkan pintu rumah bagi masyarakat di Kampung Enggros untuk menambatkan perahu.

"Kami senang karena bisa mendapatkan support terutama terkait peralatan. Selama ini setelah mengumpulkan sampah kami hanya pilah, timbang, melakukan grand audit lalu membawanya ke bank sampah Kota Jayapura, namun dengan bantuan yang diberikan PLN berupa dua buah pencacah botol plastik, lima buah pencetak paving block serta empat buah alat pemotong botol kaca, sampah yang sulit terurai bisa didaur ulang dan menghasilkan nilai ekonomis," katanya.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024