Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (Pemprov PBD) menargetkan 91.043 anak yang berusia 0-7 tahun di provinsi ke-38 itu sudah diimunisasi polio di 2024 sebagai upaya konkret pencegahan penularan virus polio.
 
Pemprov PBD melakukan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di SD Negeri 40 Suprau, Kota Sorong, Senin (27/5), oleh Kepala Dinas Kesehatan, Naomi Netty Howay.
 
"Kita berharap dari angka yang menjadi target itu bisa tercapai 95 persen," kata dia usai melakukan pencanangan PIN polio di Sorong.
 
Kendatipun belum terjadi kejadian luar biasa dari virus polio ini, namun mengingat provinsi ke-38 itu merupakan daerah transit sehingga upaya pencegahan penting dan perlu dilakukan.
 
Dia menjelaskan, tujuan dari pencanangan PIN polio adalah untuk memberikan perlindungan secara optimal dan merata kepada kelompok anak usia 0-7 tahun sebagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap penularan virus polio.
 
"Strategi yang akan kita laksanakan adalah evaluasi penerapan vaksinasi polio di tingkat kabupaten kota, kira-kira dari awal penerapan vaksin polio pada 27 Mei hingga 30 Mei sudah berapa banyak yang telah menerima vaksinasi," ujar dia.
 
Dari hasil evaluasi itu, kata dia, akan diikuti dengan tim yang terjun ke masing-masing rumah masyarakat untuk melakukan vaksinasi polio ini.
 
Dia pun menghimbau kepada seluruh lintas sektoral untuk bekerja sama dalam rangka melakukan upaya pencegahan sejak dini sebelum penularan virus polio terjangkit di Provinsi Papua Barat Daya.
 
"Saya minta lintas sektoral membantu kita untuk menggerakkan anak berusia 0-7 tahun mendapatkan vaksin polio di posyandu, puskesmas, rumah sakit," ujar dia.
 
Dia menyebutkan, pada pencanangan PIN polio di Papua Barat Daya ini, Rumah Sakit Angkatan Laut yang telah merespon dan bersedia untuk melaksanakan vaksinasi polio.
 
"Kami juga sangat berharap peran Tim PKK untuk turut membantu kami, karena Tim PKK merupakan ujung tombak posyandu itu," harap dia.

Dia menyebutkan, kegiatan PIN ini dilakukan dalam empat putaran yakni putaran pertama mulai 27 Mei hingga 8 Juni 2024, putaran kedua pada 24 Juni hingga 7 Juli 2024, kemudian putaran ketiga pada 5 Agustus hingga 18 Agustus 2024, putaran keempat pada 16 September hingga 30 September 2024.*
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024