Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Johnny Eddizon Isir menyebutkan bahwa situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di Kota Sorong sejauh ini relatif kondusif dan aman.

"Jadi baik di Provinsi Papua Barat Daya maupun Papua Barat yang masuk wilayah hukum Polda Papua Barat masih relatif aman hingga saat ini," jelas Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny di Sorong, Minggu.

Barometernya adalah, aktivitas pemerintahan relatif berjalan tanpa adanya kendala. Kemudian, aktivitas ekonomi dari seluruh elemen pelaku usaha pun berjalan aman dan lancar. Aktivitas terkait dengan sosial budaya dan religi pun berjalan normal seperti biasa tanpa kendala.

"Kalau kita lihat di wilayah dua provinsi ini, dari seluruh aktivitas pemerintah, sosial, budaya dan religi yang berjalan normal itu, berarti Kamtibmas relatif aman," kata Kapolda.

Dia mengakui bahwa khusus untuk Kota Sorong, memang ada beberapa aspirasi terkait dengan kondisi Kamtibmas yang terjadi selama beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Unamin Sorong melakukan aksi menuntut keadilan bagi korban pembunuhan yang terjadi di Malanu, sekaligus mendesak Polresta Sorong Kota untuk memberantas aksi begal yang kian menjamur di Kota Sorong pada 8 Mei 2024.

"Saya sudah sampaikan kepada mahasiswa bahwa kami akan lakukan evaluasi untuk pemantapan pemantauan Kamtibmas terkait dengan kejahatan jalanan," ujarnya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang menyambangi Mapolresta Sorong Kota untuk menyampaikan kritikan sehingga menjadi bahan evaluasi terkait kinerja Polresta Sorong Kota.

“Ada beberapa kritikan juga yang menjadi bahan evaluasi terkait kinerja Polresta Sorong Kota dalam menghadapi tantangan gangguan Kamtibmas khususnya kejahatan jalanan yang menjadi keresahan di masyarakat,” jelasnya

Dia pun berharap kepada seluruh jajaran Polres di Polda Papua Barat untuk tetap mengedepankan antisipasi hal-hal yang mengganggu dalam rangka tetap menjaga situasi Kamtibmas ini.

"Apalagi ini memasuki tahapan pemilihan kepala daerah maka tugas seluruh jajaran Polres adalah memastikan seluruh tahapan itu berjalan aman," harap dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024