Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Bara Daya, mengalokasikan anggaran sebesar Rp280 juta pada tahun 2024 untuk pembinaan kepada partai politik (parpol) peserta pemilu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sorsel, Edith Donny Tamaela, di Teminabuan, Jumat, mengatakan tahun ini Pemkab Sorsel menyediakan bantuan pembinaan kepada parpol sebesar Rp280 juta.

Edith mengatakan, anggaran tersebut akan disalurkan kepada masing-masing parpol, sesuai dengan jumlah perolehan suara pada pemilu di bulan Februari 2024.

"Anggaran untuk partai politik di tahun 2024 sebesar Rp280 juta. Itu akan dibagikan kepada masing-masing partai politik berdasarkan perolehan suara sah pemilu," ungkap Edith.

Sampai saat ini, anggaran bantuan pembinaan kepada parpol belum disalurkan, karena masih menunggu informasi resmi dari KPU, terkait penetapan jumlah suara sah dan perolehan kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setiap partai dalam Pemilu 2024.

"Saat ini, kami belum bisa tafsiran berapa besaran bantuan pembinaan per-partai, karena kami belum terima perolehan jumlah suara sah hasil Pemilu 2024 dari KPU," kata Edith.

Ia menegaskan setelah mendapatkan informasi resmi dari KPU, barulah Kesbangpol bisa menghitung berapa anggaran yang akan diperoleh masing-masing parpol.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024