Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, dengan resmi membuka pelaksanaan ujian sekolah tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang diikuti oleh 1.178 siswa yang tersebar di 27 sekolah di wilayah itu.

Asisten III Bidang Administrasi Umum, Pemkab Sorsel, Ansar Aziz Sija, di Teminabuan, Selasa mengatakan, ujian sekolah untuk tingkat SMP itu dilaksanakan secara serentak.

"Jadi kita di Sorsel kurang lebih ada 25 SMP dan 2 sekolah persiapan jadi 27 SMP itu melaksanakan ujian secara serentak," kata Ansar Aziz Sija.

Ia mengatakan, pembukaan ujian sekolah tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teminabuan dan dihadiri sejumlah kepala sekolah yang ada di pusat kota.

" Ujian tersebut diikuti 1.178 siswa kelas IX di seluruh SMP yang ada di wilayah Sorsel. Tempat pembukaannya itu kita jadikan di SMP negeri 1 Teminabuan," jelas Anzar.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Sorong Selatan, Abdul Karim Kaliki mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim di internal dinas dalam penyusunan soal - soal untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah.

" Walaupun soal sebagian disusun.oleh dinas, namun ada beberapa mata pelajaran yang ditangani langsung oleh satuan pendidikan salah satunya ujian praktek," jelas Kaliki.

Dalam pekerjaan soal yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, kata dia, diharapkan semua peserta ujian kelas IX yang mengikuti ujian sekolah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024