Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maybrat, Papua Barat Daya,.menggelar lomba desain maskot pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati di wilayah itu, berlangsung sejak tanggal 24 April hingga 30 April 2024.

Ketua KPU Maybrat, Dominggus Isir, di Teminabuan, Kamis, mengatakan pemenang lomba desain maskot Pilkada memperoleh hadiah Rp 15 juta untuk juara satu bersama tropi, dan juara dua senilai Rp 10 juta bersama tropi, sementara juara tiga mendapat hadiah Rp 5 juta bersama tropi.

"Untuk proses penilaian dan penguji  akan disiapkan dari budayawan akademisi, dan seniman yang didampingi oleh KPUD Maybrat," kata Isir.

Ia melanjutkan, peserta lomba boleh menggambar dan menceritakan dari sudut pandang apa saja, namun harus menggambarkan keadaan atau tradisi orang Maybrat.

"Lomba ini bisa menghadirkan sebuah simbol ikon daerah yang bersifat pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati. Lomba yang sama juga dilakukan di tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur,".jelas Isir.

Ia mengatakan tujuan utama dilakukan desain maskot tersebut untuk mengangkat nuansa kepemiluan berdasarkan tradisi lokal daerah.

"KPU telah mengeluarkan pengumuman nomor : 58/HM.02-Pu/9605/24 tentang lomba maskot," jelas Isir.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024